Sekitar Kita

Ini Pesan Ketua TP.PKK Denpasar Terkait Korona

cybertokoh.com – Ketua TP PKK Kota Denpasar Ida Ayu Selly Rai Mantra menghimbau para masyarakat untuk tidak panik terkait virus korona. Masyarakat diingatkan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Selain itu, juga  lebih sering  dan berulang  mengingat perihal kebersihan ini terutama pada usia anak-anak, terutama yang masih duduk di Sekolah Dasar ke bawah.

“Mungkin ada beberapa anak SMP juga masih perlu diingatkan. Misalnya ketika anak-anak memesan makan yang secara on line. Maka perlu dikontrol dan pastikan tempat membeli yang jelas serta sudah diketahui tentang higiensinya,” katanya .

Pemerintah juga sudah menginfokan ke masyarakat agar tidak panik. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan terkait Covid-19, ikuti  prosedur yang ada pada Info Denpasar Siaga Covid-19.  Mulai dari pengecekan, penanggulangan dan mengambil langkah cepat dengan melapor ke call center 112 atau 223333 jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, kata Ketua TP. PKK Kota Denpasar ini, penyampaian paling efektif bagi PKK adalah langsung di banjar-banjar. Saat ini desa/kelurahan telah bekerjasama dengan instruktur dari puskesmas setempat. Salah satunya yang telah dilakukan Puskesmas 1 Denpasar Utara yang memberikan sosialisasi kesehatan dan Covid -19 kepada ibu-ibu  untuk PKK di Kelurahan Tonja.

Kepala Puskesmas I Denut, dr. A. A. Ampera Prihatini, M.M saat dikonfirmasi mengatakan pada Minggu (8/3) telah dilaksanakan kegiatan penyuluhan oleh Tim Promkes UPTD Puskesmas 1 Dinas Kesehatan Kecamatan Denpasar Utara, untuk PKK kelurahan Tonja. Pada saat itu materi yang diberikan adalah tentang Covid-19, cara pencegahan penularannya dengan CTPS (cuci tangan pake sabun dan air mengalir) dan etika batuk. Selain itu juga ada materi tentang upaya pencegahan secara tradisional, tentang  herbal dan olahan, cairan pembersih, hingga teknik olah nafas yang diberikan oleh petugas Yankestradkom (pelyanan kesehatan tradisional komplemente)r. “Pada (12/3) KelurahanTonja juga mengundang kami untuk memberikan penyuluhan tentang Covid -19 kepada STT dan perangkat kelurahan,” ucapnya.

Selanjutnya Ny. Selly Rai Mantra juga mengatakan telah meneruskan surat edaran yang dikeluarkan oleh Wali Kota Denpasar yang berisikan Peningkatan Kewaspadaan Penyebaran Penyakit Akibat Virus Corona (Covid-19).

Langkah-langkah deteksi dini dan antisipasi penyebaran sebagai berikut diantaranya melaksanakan desinfeksi secara rutin pada tempat-tempat umum yang memiliki risiko dalam dalm penyebaran virus corona seeprti terminal (transportasi darat, lait dan udara) , hotel ,restoran, objek wisata, pusat perbelanjaan, fasilitas kesehtan ( rumah sakit, puskesmas,klinik, apotek ) dan tempat-tempat umum lainnya; menyediakan hand sanitizer atau sabun di setiap tempat cuci tangan (wastafel).

Masyarakat diharapkan tidak panik dan tetap tenang  serta melakukan langkah-langkah pencegahan dengan berprilaku hidup bersih dan sehat. Meningkatkan kewaspadaan melalui komunikasi , koordinasi dan kerjasama lintas sektor dalam upata penanganan kasus yang ditemukan. Informasi tentang situasi perkembangan penyebaran virus covid – 19dapat diakses melalui  Hotline  emerging operation center (EOC)   : 021- 521041 dan 081212123119, Halo Kemkes  : 1500567, serta website : www/infeksiemerging.kemkes.go.id, www.sehatnegriku.kemkes.go.id.–ard

To Top