Kuliner

Menu Diet Sehat dengan Sayur dan Nasi Shirataki

cybertokoh.com – Ida Ayu Kade Ari Cahyani, pemilik Usaha Katering Sehat di Denpasar memberikan resep makanan sehatnya bagi pecinta kuliner. Persembahannya kali ini adalah  Nasi Shirataki Goreng Sayur.

Dipilihnya beras shirataki menggantikan beras putih, menurut Ari Cahyani mengingat tidak semua kalangan yang suka dengan nasi merah.Nasi shirataki ini memang belum banyak orang tahu. Nasi ini terbuat dari akar konnyaku yang mengandung 0 kalori , 0 karbohidrat, dan 3 serat per porsi. Nasi shirataki pengganti beras putih rendah karbohidrat yang sempurna

Selain itu nasi shirataki juga bebas gluten, sehingga sangat membantu ketika tubuh Anda memiliki riwayat alergi dan sangat mudah dicerna. Sehingga memberikan efek kenyang yang cukup lama. Nasi shirataki ini juga aman di konsumsi oleh penderita diabetes karena kandungan gulanya tidak sebanyak nasi putih. Selain nasi shirataki juga bisa menggunakan beras merah, yang selanjutnya dihidangkan bersama tempe dan ayam kare serta tumis jamur brokoli.

Ari Cahyani juga memilih memakai sayuran seperti brokoli, sayur sawi hijau, wortel dan jamur karena memiliki manfaat yang bagus untuk kulit dan kesehatan.

Brokoli misalnya. Secangkir brokoli (91 gram) hanya mengandung karbohidrat sebanyak 6 gram saja. Brokoli sangat bagus untuk diet, karena selain mampu menurunkan berat badan, sangat banyak manfaat lain untuk kesehatan.

Brokoli juga mampu menekan risiko penyakit kanker, karena kandungan antioksidannya sangat besar. Jika mengonsumsi brokoli secara teratur setiap hari dapat melindungi tubuh dari bakteri perut yang berakibat pada pencernaan, salah satunya sakit maag. Selain itu brokoli juga mampu meningkatkan kesehatan tulang dan gigi, jantung, otak dan metabolisme serta bisa pula sebagai antiinflamasi. Brokoli pun dikenal memiliki antioksidan seperti vitamin C, potasium magnesium hingga sulforaphane dan brokoli baik pula untuk meredakan peradangan dan mengontrol diabetes . Begitu juga dengan dipilihnya wortel, jamur, serta sayur sawi hijau dengan segala manfaat baiknya untuk kesehatan. (Sri Ardhini)

To Top