Buleleng

Masalah Sampah Harus Selesai di Hulu

cybertokoh.com – Sampah menjadi masalah yang saat ini tengah dihadapi berbagai wilayah hingga ke desa-desa.  Berbagai upaya dan program dilakukan untuk mengurangi dan mengolah timbulan sampah terutama dari rumah tangga.  Salah satunya dengan pendirian bank sampah.  Hal tersebut juga dilakukan oleh Desa Pedawa Kecamatan Banjar, Buleleng.  Bekerjasama dengan penggiat lingkungan Komunitas Balawa,  pihak desa membentuk bank sampah untuk menjaga agar desa bebas dari sampah utamanya sampah plastik.

Hal tersebut diungkapkan Perbekel Pedawa I Putu Suarmaja.  Pihaknya mengungkapkan permasalahan sampah tidak hanya bisa diselesaikan di hilir tetapi harus diselesaikan dari hulu. Menurutnya permasalahan sampah di hulu utamanya di desa Pedawa akan berdampak pada wilayah hilir seperti Lovina,  Temukus dan banjar yang merupakan wilayah pariwisata. “Kalau tidak diselesaikan di hulu tentu akan membawa dampak yang tidak baik untuk di hilir apalgi di hilir merupakan wilayah pariwisata,” jelasnya.

Maka dari itu, untuk memaksimalkan penanganan sampah di desa Pedawa pihaknya tengah melakukan pengajuan mobil angkut sampah kepada dinas terkait. Selama ini pengangkutan sampah dilakukan oleh relawan sampah dengan membawa kendaraan roda dua dari rumah ke rumah.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng Putu Ariadi Pribadi mengungkapkan akan segera memproses pengadaan mobil angkut sampah yang telah diajukan oleh desa Pedawa. Pihaknya juga akan mengevaluasi desa-desa yang memerlukan mobil pengangkut sampah.  Ariadi menegaskan untuk pengadaan mobil sampah syarat yang harus dipenuhi oleh desa di antaranya terdapat bank sampah unit,  telah memiliki perdes pengelolaan sampah dan ada kebijakan Perbekel terkait pengelolaan sampah rumah tangga.  “Nanti keputusan final tetap ada di Bapak Bupati, ” pungkasnya. (Wiwin Meliana)

To Top