Buleleng

Dampak Korona, Promosi Buleleng di ITB Berlin Dibatalkan

cybertokoh.com – Virus covid-19 yang telah menyerang lebih dari 65 negara sangat berdampak pada pariwisata dunia. Ajang promosi pariwisata dunia besar-besaran ITB yang pada tahun ini akan digelar di Berlin, Jerman batal karena negara penyelenggara sedang melakukan penanganan terhadap kasus Covid-19.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Buleleng Made Sudama Diana ditemui di ruang kerjanya mengatakan, meskipun tahun ini batal mengikuti promosi pariwisata tersebut, namun pihaknya berharap permasalah covid-19 bisa cepat diselesaikan mengingat banyak pariwisata semakin menurun utamanya di Buleleng. “Tentu harapan kamidisana kita bisa mempromosikan daerah. Apalagi ada penyerahan penghargaan untuk Pemuteran yang pastinya membawa harum nama Buleleng, Bali dan Indonesia, namun itu sudah kebijakan negara jadi mungkin itu solusi yang terbaik,”ungkapnya.

Sudama Diana menjelaskan keikutsertaan Buleleng dalam ajang promosi internasional tersebut sekaligus untuk membawa pulang penghargaan desa wisata yang jatuh kepada pengelolaan desa wisata di Desa Pemuteran Kecamatan Gerokgak.”Tidak semua kabupaten di Bali ikut. Kita rencananya akan berangkat dengan Bupati karena sekaligus menerima penghargaan desa wisata Pemuteran yang masuk dalam 3 besar dari 100 pariwisata berkelanjutan. Ada yayasan asing yang melakukan penilaian tentang Pemuteran sehingga Pemuteran masuk dalam 3 besar,” paparnya.

Rencananya, dalam ajang ITB di Berlin yang akan dilaksanakan pada tanggal 4-8 Maret, Kabupaten Buleleng akan mempromosikan seluruh destinasi wisata di kancah dunia. Seluruh persiapan untuk promosi termasuk brosur-brosur sudah rampung dikerjakan. Sayangnya acara tersebut dibatalkan karena dampak virus Covid-19. (Wiwin Meliana)

To Top