Dara

Yoriko Angeline: Jadi Cewek Harus Pintar

cybertokoh.com – Sosok remaja cantik ini sungguh inspiratif. Meski sibuk meniti karier di dunia hiburan, punya kegiatan segudang namun untuk urusan pendidikan dia tak pernah ketinggalan. Yoriko Angeline, namanya. Sejak SD hingga kini kelas 3 SMA, nilai sekolahnya selalu tinggi, tak heran kalau dia terus menerus mendapat beasiswa mulai dari kelas 6 SD, SMP hingga SMA.

Padahal, pemeran Wati dalam film ‘Dilan 1990’ dan ‘Dilan 1991’  ini, sangat sibuk di dunia hiburan. Hari-harinya diisi dengan syuting bahkan tak jarang berminggu-minggu berada di luar kota, itu artinya dia tidak masuk sekolah. Namun yang dilakukan Yori, begitu namanya akrab disapa, sungguh patut dipuji. Di sela-sela syutingnya, dia belajar. Panggil guru ke lokasi syuting.

“Aku memang sibuk berkarier, tapi nggak mau ketinggalan pelajaran sekolah. Makanya aku panggil guru untuk kasih les di lokasi syuting. Kalau mau ujian, malah waktu lesnya nambah. Bisa dari jam 8 pagi sampai jelang jam 1 siang. Setelah itu baru syuting lagi,” ungkap dara kelahiran  Banjarmasin,  23 Agustus 2002 ini.

Yori merasa beruntung karena selain orangtuanya mendukung kiprahnya di dunia hiburan, pihak sekolah pun sangat mendukung. Buktinya, ketika ia harus syuting selama satu bulan di luar kota, pihak sekolah mengizinkan dengan pesan tidak boleh ketinggalan pelajaran. Yori bersyukur, teman-temannya ikut membantu dengan mensuplai bahan-bahan pelajaran sekaligus memberi tahu kalau ada tugas-tugas sekolah yang harus diselesaikan.

Dukungan yang luar biasa besar dari lingkungannya membuat Yori semangat belajar. “Jadi begitu aku masuk sekolah lagi, aku kejar semua pelajaran. Tugas-tugas yang belum selesai aku selesaikan. Juga ikut tes-tes. Malah mereka (guru-guru) heran karena aku belajar keras sekali. Mereka bilang, aku rajin banget. Apa tidak cape,”  tutur personil grup musik Teenebelle, ini.

Menurut Yori, itu semua memang sudah menjadi risikonya atas jalan yang dia pilih, yakni bersekolah di lembaga formal dan menekuni karier di dunia hiburan secara bersamaan. “Aku ingin pendidikan (sekolah) dan karier bisa berjalan seiring. Aku tidak ingin karier mengganggu pendidikan aku. Maka jadinya seperti ini. Aku harus bekerja keras. Ditambah lagi aku menetapkan ‘goal’ tersendiri untuk diriku, yaitu harus dapat nilai tinggi. Bukan nilai biasa-biasa saja. Maka begini lah jadinya. Aku mati-matian belajar. Alhamdulilah tercapai,” ungkap Yori senang karena meski sibuk setengah mati dia masih mampu mencetak angka 90 ke atas di banyak mata pelajarannya.

“Pendidikan penting, nomor satu, karena memang sejak kecil itu ditanamkan oleh orangtua aku. Jadi cewek harus pintar. Aku ini nggak mau orang memandang aku, ‘Ih Yoriko sibuk seperti ini tapi di sekolah bego.’ Aku nggak mau kayak gitu.Makanya aku semangat belajar. Itu jadi motivasi aku. Sekolah dan entertainment harus jalan seimbang, tapi sekolah nomor satu,”  papar  Yori yang ingin membuktikan bahwa sekalipun sibuk bekerja dia pun bisa sukses di bidang akademik.

“Semua orang bisa melakukan seperti aku, yang penting ada kemauan. Semuanya kembali ke diri kita, mau atau tidak. Soal tugas sekolah misalnya, jangan menunda-nunda, harus segera dikerjakan. Karena kalau menunda, tugas-tugas sekolah bisa makin bertumpuk. Jadi sebisa mungkin aku segera kerjakan walaupun sedang berada di lokasi syuting. Dengan begitu menjadi lebih ringan,” jelas pemeran Ara dalam film ‘After Met You’, ini.

SELALU JUARA

Anak pasangan Agus-Devi ini mulai merintis kariernya di dunia peran sejak tahun 2014, film pertamanya  ‘Hijrah Cinta’ 2014.  Sebenarnya, sejak SD, ujarnya, ia mengawalinya denyan menyanyi. Meski waktu itu hanya hobi. Awalnya, tutur Yori, saat kelas V SD dia ikut lomba menyanyi.

“Aku kan sejak kecil sudah suka menyanyi. Aku juga masuk les vokal. Tapi aku dulunya agak pemalu. Orangtua mendorong aku ikut kompetisi menyanyi. Tidak disangka aku berhasil juara. Dari sana awalnya aku mendapat beasiswa sekolah. Karena aku waktu itu kelas 5 SD, maka aku dapat beasiswa mulai kelas 6 sampai SMP,” tutur Yori yang  juga sempat berkiprah di dunia modeling.

Setelah itu, lanjutnya, dia jadi sering ikut berbagai kompetisi dan selalu berhasil menjadi juara. Itu sebabnya, kata Yori lagi, dia pun berhasil menyabet beasiswa saat SMA. Yang namanya beasiswa maka dia harus mencapai dan mempertahankan nilai tinggi untuk pelajaran sekolah.

Yori bertutur, awalnya dia bersekolah di tanah kelahirannya yakni Banjarmasin. Dengan pertimbangan ingin mendapat pendidikan lebih baik, ia pun pindah ke Jakarta. “Jadi awalnya aku pindah ke Jakarta bukan karena ingin berkarier di dunia entertainment tetapi karena ingin meneruskan pendidikan di Jakarta. Namun kemudian aku mendapat tawaran untuk main film, itu lah awalnya bersentuhan dengan dunia akting. Aku kelas 6 SD kala itu,” tuturnya.

Dia memutuskan kembali ke dunia akting, katanya, secara tak sengaja. Kala itu dia yang kelas 2 SMP melihat beberapa temannya terlibat syuting. “Aku melihat, kok, seru banget ya syuting. Saat itu aku tergerak untuk mau kembali syuting. Itulah awalnya kenapa comeback lagi tahun 2017, dan itu keterusan sampai sekarang,” ujar Yori sambil tertawa.

Sejak comeback, Yori menjadi sangat produktif di dunia hiburan. Mulai dari film, sinetron, FTV, hingga dunia presenter dia jajaki. Belum lagi kiprahnya sebagai presenter sejumlah acara. Dia juga berkiprah di dunia musik, meski tidak seintens di dunia peran.  “Sejak aktif di dunia peran, aku merasa ini adalah passion aku. Maka aku tekuni terus,” ucapnya.

Tentang musik, diaku Yori, meski sesungguhnya dia sangat hobi menyanyi, namun itu belum terlalu diseriusinya lantaran  masih sibuk di dunia akting. Bersama teman-temannya di Teenebelle—girlband yang dibentuk tahun 2013—Yori  pernah meluncurkan album mini bertajuk ‘Happy Friends’ tahun 2015. (Diana Runtu)

To Top