Buleleng

Depo Arsip Kurang Representatif, DAPD Bersurat ke Kesbangpol

cybertokoh.com – Guna meningkatkan tata kelola kearsiapan di masing- masing OPD, Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng akan menggelar lomba kearsipan tingkat OPD. Lomba yang akan digelar bulan Maret mendatang telah memasuki tahapan pembinaan pemantapan tahap kedua. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala DAPD dr. Ni Made Sukarmini di ruang kerjanya.

Menurut Sukarmini, OPD yang ditunjuk menjadi wakil dalam perlombakan akan dibina untuk mengetahui tata kelola kearsipan dan pembinaan sumber daya manusianya.

Sementara itu, DAPD yang bertugas membina OPD maupun desa untuk mengikuti lomba kearsipan, juga harus mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba kearsipan daerah tingkat nasional.

Sebagai salah satu persyaratan mengikuti lomba kearsipan daerah, depo arsip yang ada di Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) Buleleng akan dipindahkan ke salah satu gedung di Kesbangpol.

Hal tersebut dilakukan karena depo arsip yang ada di Dinas Arsip dan Perpustakaan daerah belum memenuhi standar. Depo arsip dirasa kurang representatif karena tidak bisa menampung arsip statis maupun arsip permanen dari masing masing OPD di kabupaten Buleleng.

Untuk itu pihaknya masih mencari gedung yang representatif untuk menampung arsip statis dan permanen dari masing-masing OPD yang menitipkan arsipnya di DAPD.

Sukarmini menambahkan selain gedungnya yang representatif, sarana yang ada di dalamnya juga harus tahan api untuk menghindari arsip yang hilang ketika terjadi kebakaran. (Wiwin Meliana)

To Top