Bunda & Ananda

Ini yang Dilakukan Dinkes Denpasar Dukung Kesehatan Balita

cybertokoh.com – Sebagai upaya mendukung kesehatan masyarakat termasuk balita, Pemkot Denpasar melalui Dinas Kesehatan Kota Denpasar  memberikanVitamin A secara serentak kepada bayi. Kegiatan rutin tahunan ini digelar setiapFebruari dan Agustus. Demikian diungkapkan Kadis Kesehatan Kota Denpasar, dr. Ni Putu Sri Armini, Rabu (5/2).

Pada acara yang dihadiri Ketua TP PKK  Ida Ayu Selly Rai Mantra dan Ketua DWP Ny. Kerti Rai Iswara  ini, dijelaskan bahwa, vitamin A memiliki manfaat dalam mendukung kesehatan bayi. Vitamin ini sangat baik mendukung pembentukan, produksi,  dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit, antibody, juga integritas sel epitel pelapis tubuh. Selain itu vitamin A juga dapat mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea, dan kebutaan. “Pemberian vitamin A dengan beragam manfaatnya demi mendukung kesehatan dan tumbuh kembang bayi,” paparnya.

Sri Armini juga mengatakan, pemberian vitamin A serentak ini dilaksanakan langsung menyasar desa/kelurahan dengan melibatkan posyandu, puskesmas, TK/PAUD, dan pusat layanan kesehatan lainya. Bagi bayi berusia 6-11 bulan diberikan vitamin A biru dan balita 12-59 bulan diberikan vitamin A merah.”

“Jadi masyarakat dapat memperoleh vitamin A pada posyandu yang digelar rutin dan sistem jemput bola dengan menyasar TK/PAUD atau puskesmas dan layanan kesehatan lainya. Untuk tahun 2020 di Kota Denpasar dialokasikan vitamin A merah sebanyak 38.000 kapsul, dan vitamin A biru, 6.550 kapsul. Sehingga total keseluruhan jumlah vitamin A di Kota Denpasar mencapai 44.550 kapsul,” jelasnya.

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar ikut aktif mengajak sang buah hati untuk mendapatkan vitamin A. Hal ini lantaran manfaat yang dirasakan sangat besar untuk mendukung kesehatan dan tumbuh kembang bayi,”pungkasnya. (Sri Ardhini)

To Top