Bunda & Ananda

KPAI Soal Virus Korona: Orangtua Jangan ‘Parno’

cybertokoh.com – Masifnya pemberitaan terkait virus corona ikut membuat masyarakat Indonesia resah. Hal ini juga menjadi perhatian Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Komisioner Hak Sipil dan Partisipasi Anak KPAI, Jasra Putra mengimbau, agar para orangtua tidak perlu takut berlebihan atau ‘parno’ (paranoid) dalam menghadapi merembaknya kasus tersebut.
Jangan juga terlalu percaya akan berita-berita yang menyebar yang bertujuan memperkeruh suasana.

“Jangan menerima berita begitu gitu saja. Cek dulu setiap informasi yang masuk lewat sumber-sumber resmi, semisal portal atau website Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan, Rumah Sakit ataupun lembaga yang berwenang terkait itu,” ujar Jasra.

Akses informasi terkait virus korona yang diberikan oleh lembaga resmi telah luas beredar, termasuk juga layanan kesehatan. Karenanya diharapkan masyarakat, khususnya para orangtua dapat tetap tenang, tidak takut berlebihan.

Terkait anak-anak, tutur Jasra, orangtua juga diharapkan mengedukasi anak-anaknya dengan baik. Karena dipahami bahwa anak-anak adalah yang paling rentan tertular. Selain karena mereka belum memahami permasalahan ini, juga karena fisiknya yang tidak sekuat manusia.

Misalnya dengan mengingatkan anak-anak agar berprilaku hidup bersih, mencuci tangan sebelum makan, memberi pemahaman soal sanitasi, memakai masker, jangan jajan sembarangan, dll.
Anak-anak, tambahnya, juga perlu diajak untuk berpartisipasi misalnya lewat penyebaran informasi yang didapatnya dari orangtua untuk diteruskan kepada teman-temannya. Hal ini tentu sangat bermanfaat dalam menumbuhkan sense dan respond of crisis sejak dini.

“Jadi edukasi kepada anak-anak terkait hal ini perlu dilakukan oleh orangtua. Memegang prinsip, lebih baik mencegah daripada mengobati harus menjadi prioritas kita semua,” ucapnya. (Diana Runtu)

To Top