Buleleng

Pencetakan KTP Elektronik Bisa di Kecamatan

cybertokoh.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) terus berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat terutama dalam pengurusan data kependudukan.

Disdukcapil akan mengoperasikan alat dan aplikasi pelayanan pencetakan KTP-el di dua kecamatan yakni Kecamatan Seririt dan Kecamatan Kubutambahan untuk menjangkau wilayah Buleleng Barat dan Buleleng Timur.

Rencananya pada awal Bulan Februari, masyarakat sudah bisa melakukan pencetakan KTP-el di dua Kecamatan tersebut. Ini untuk mempermudah masyarakat yang jauh dari lokasi Disdukcapil agar masyarakat bisa mendapatakan pelayanan yang cepat.

Hal ini diungkapkan saat Disdukcapil menyelenggarakan Rapat bersama Camat se-Kabupaten Buleleng untuk membahas rencana tersebut, Rabu (29/1). Rapat yang dipimpin oleh Sekretaris Disdukcapil Drs. Dewa Ketut Mudita ini juga dihadiri Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra,Sp.OG, dan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Buleleng Putu Karuna,SH.

Mudita mengatakan, nantinya pelayanan pencetakan KTP-el akan menggunakan jaringan komunikasi data berupa M2M (Machine-to-Machine). Ia meyakini, dengan adanya program ini, masyarakat bisa memangkas jarak dan waktu dalam pengurusan KTP-el.

Mudita menambahkan, Disdukcapil masih berupaya agar pelayanan KTP-el bisa dilaksanakan di setiap kecamatan di Kabupaten Buleleng. Ia mengatakan, alat perekaman dan percetakan sudah siap namun program ini masih ada kendala dalam teknis dan regulasi.

Selain itu, Mudita mengatakan, jika perekaman dan percetakan KTP-el sudah berhasil, Disdukcapil akan merencanakan program penerbitan dokumen kependudukan lain seperti akte, maupun Kartu Keluarga (KK).

Sementara itu, Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra,Sp.OG sangat mengapresiasi program tersebut. Menurutnya, program ini sangat mempermudah masyarakat dalam pengurusan data kependudukan.

Wabup Sutjidra menghimbau kepada masyarakat agar melengkapi persyaratan untuk mengurus data kependudukan. Dirinya meminta kepada Camat dan Kepala Desa untuk mensosialisasikan persyaratan yang perlu dilengkapi dalam mengurus data kependudukan. (Wiwin Meliana)

To Top