What’s Up

“Mangkujiwo”, Asal Usul Kuntilanak

cybertokoh.com – Siapa hantu paling populer di Indonesia. Kalau ditanya pada banyak orang pasti sepakat dengan menyebut ‘kuntilanak’. Entah sejak kapan hantu perempuan berambut panjang yang kerap tertawa membuat bulu kuduk merinding, ini, mendapat sebutan ‘kuntilanak’.

Penasaran? Tanggal 30 Januari 2020, sebuah film tentang asal usul ‘kuntilanak’ ini akan tayang di bioskop-bioskop tanah air. Untuk para penggemar film horor yang penasaran tentang bagaimana asal muasal lahirnya ‘kuntilanak’ , film bertajuk ‘Mangkujiwo’ ini bisa menjadi ‘jawabannya’.

Film yang disutradarai oleh Azhar Kinoi Lubis diawali dengan cerita perseteruan antara dua tokoh, Brotoseno (Sujiwo Tejo) dan Cokrokusumo (Roy Marten) dalam memperebutkan pengaruh dan kekuasaan atas Loji Pusaka.

Perebutan Loji Pusaka membuat Brotoseno harus melepas jabatannya karena difitnah oleh Cokrokusumo. Brotoseno merencanakan balas dendam melalui bayi yang dikandung oleh Kanthi (Asmara Abigail), hasil hubungan gelap dengan Cokrokusumo.

Asmara Abigail, artis cantik yang dalam film itu berperan sebagai ‘kuntilanak’ memiliki pandangan sendiri tentang sosok hantu yang diperankannya itu. Menurut Abigail, kita selama ini hanya tahu kuntilanak tanpa tahu bagaimana masa lalu hantu itu.

Ia (kuntilanak), tutur Abigail, sesungguhnya hanyalah korban dalam kehidupannya. Sehingga ketika dia mati, ia berubah menjadi hantu yang menakutkan.

“Tapi kan tidak pernah ada penjelasan kenapa sih atau apa penyebabnya sehingga dia menjadi hantu yang menyeramkan dan ditakuti oleh orang-orang Indonesia.

Film produksi MVP Pictures berdurasi 109 menit ini dibintangi oleh Asmara Abigail, Sujiwo Tejo, Roy Marten, Yasamin Jasem, Karina Suwandi, Djenar Maesa Ayu, Septian Dwi Cahyo, Landung Simatupang dan Samuel Rizal. (Diana Runtu)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Terkini

To Top