Bugar

Virus Corona Tidak Menular Melalui Barang

cybertokoh.com – Gencarnya pemberitaan terkait virus korona yang berasal dari Wuhan, Tiongkok menimbulkan keresahan pada masyarakat yang cukup signifikan.

Keresahan itu makin diperparah karena berita seputar virus korona ini tidak hanya disebarkan oleh media mainstream tapi juga beredar di medsos yang terkadang kebenarannya tidak bisa dipertanggungjawabkan.

“Berita-berita yang simpang siur ini menyebabkan keresahan pada masyarakat yang cukup signifikan. Banyak yang minta vaksin pneumonia. Vaksin pneumonia yang ada di Indonesia difungsikan untuk bakteri pneumokokus, bukan untuk virus nCov,” ungkap Ahmad Yurianto, Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan.

Yurianto juga menepis adanya anggapan bahwa virus korona ini bisa menular melalui barang. “Virus itu analog. Itu akan menempel pada sel hidup sehingga tidak memungkinkan jika menular melalui benda mati,” jelas mantan Kepala Pusat Krisis Kesehatan ini seraya meminta agar masyarakat tetap tenang. “Yang penting tetap jaga kebersihan dan rutin cuci tangan pakai sabun,” tambahnya.

Untuk memastikan seseorang positif terjangkit virus korona, jelasnya lebih lanjut, harus dilakukan pengambilan spesimen, selanjutnya dilakukan pengecekan ke laboratorium. “Memerlukan waktu dua hari untuk memastikan bahwa itu adalah nCoV,” ujarnya.

Menurutnya, tidak ada diagnosa suspect. Suspect hanyalah kerangka kerja untuk melakukan manajemen terhadap pasien di rumah sakit yang kemudian dipikirkan sampai kondisi terburuknya. Tentunya hal itu harus didasari pemeriksaan dan tanda-tanda fisik.

“Kita harapkan masyarakat memahami betul bahwa perilaku hidup bersih dan sehat harus dilakukan. Menggunakan masker untuk menghindari percikan serta mencuci tangan pakai sabun atau antiseptik perlu dilakukan agar tetap sehat,” tandas Yurianto. (Diana Runtu)

To Top