Life Story

Selamat dari Kanker Berkat Aplikasi Handphone

Jason Sheridan, seorang karyawan asal Liverpool, Inggris, mengaku selamat dari kanker ganas berkat sebuah aplikasi di handphonenya. Dikutip dari dailymail.co.uk, Jason didiagnosa menderita kanker kulit yang mematikan namun beruntung dia segera tahu berkat peringatan dari aplikasi di ponselnya yang menyebut tahi lalat kecil di lengannya  kemungkinan berbahaya.
Lelaki 31 tahun itu menggunakan aplikasi SkinVision untuk mendeteksi tahi lalat mencurigakan yang ada di lengannya. Dia pun lantas pergi memeriksakan diri ke dokter, ternyata dia menderita melanoma. Melanoma adalah sejenis kanker kulit yang berkembang pada melanosit, sel pigmen kulit yang berfungsi sebagai penghasil melanin. Penyakit ini (melanoma) termasuk jarang terjadi dan sangat berbahaya. Kondisi ini dimulai dari kulit manusia dan bisa menyebar ke organ lain dalam tubuh.
Jason percaya bahwa aplikasi yang telah mendeteksi tahi lalat yang ternyata tanda kanker kulit itu, telah menyelamatkannya. Setelah mendapat kepastian dari rumah sakit yang memeriksanya, Jason pun memutuskan untuk segera melakukan operasi untuk mengangkat kankernya yang didiagnosa stadium 1.
Menurut Jason, dia pertama kali melihat tahi lalat itu pada 2018. Dia mulai khawatir ketika tahi lalat kecil itu berubah warnanya menjadi merah muda pada 12 bulan kemudian.
Jason pun segera mengunduh aplikasi SkinVision untuk memeriksa tahu lalatnya. “Aplikasi itu menyebut tahi lalatnya berisiko tinggi dan menyarankan agar ia segera mengunjungi dokter. Jason pun pergi menemui dokter yang kemudian merujuknya ke dokter kulit,” tulis dailymail.
“Jika saya terus menunggu, siapa yang tahu apa yang akan terjadi. Saya sangat beruntung telah mengetahui ini dari awal, dan saya benar-benar percaya bahwa SkinVision menyelamatkan hidup saya,” ungkapnya. (Diana Runtu)
To Top