Buleleng

Ini Inovasi Baru Kecamatan Buleleng

cybertokoh.com – Mengimbangi pesatnya kemajuan teknologi pada era milenial saat ini, Kecamatan Buleleng melakukan inovasi baru yakni menerapkan aplikasi berbasis informasi sistem layanan publik. Bersama dengan beberapa SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng terkait, nantinya aplikasi ini akan diterapkan dan dikembangkan di seluruh Desa dan Kelurahan Se-Kecamatan Buleleng.

Hal tersebut terungkap pada rapat terkait dengan penyusunan aplikasi pelayanan publik di Desa dan Kelurahan Se-Kecamatan Buleleng. Rapat ini dipimpin oleh Camat Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara, S.Sos.,M.Si, bersama dengan beberapa jajaran  SKPD Lingkup Pemkab Buleleng terkait, serta Kepala Desa dan Keluarahan Se-Kecamatan Buleleng, di Ruang Rapat Unit IV Kantor Bupati Buleleng, Kamis (16/1).

Usai memimpin rapat, Dody Sukma mengatakan Kecamatan Buleleng sebagai pilot project terkait dengan penggunaan aplikasi dalam memberikan informasi sistem pelayanan publik di Desa dan Kelurahan. Sebagai tahap awal, pihaknya akan menerapkan sistem informasi dalam kepengurusan surat menyurat.  Pada sistem dalam aplikasi yang akan diluncurkan nantinya, tanpa menghilangkan jenjang hirarki dalam proses surat menyurat. Para pemohon seperti kepala desa atau lurah dapat mengurus surat cukup di tempat saja tanpa harus ke Kantor Camat. Setelah itu akan ada notifikasi sudah sejauh mana surat tersebut diproses. “Kemudian jika sudah tercetak, diberikan notifikasi lagi ke pemohon, lalu surat tinggal diambil saja,” ujarnya.

Tentu dalam penyusunan ini, masih kata Dody Sukma, ada proses yang panjang dan membutuhkan bantuan dari berbagai pihak. Dengan adanya  aplikasi ini nantinya, tidak akan menghilangkan sistem pelayanan manual. Pihak Kecamatan akan memberikan pilihan, apakah pemohon ingin dilayani dengan sistem manual atau melalui aplikasi. Ia berharap dengan penerapan aplikasi informasi sistem pelayanan publik ini, diharapkan mampu meningkatkan efisiensi dalam berbagai urusan pelayanan yang dilakukan di Desa atau Kelurahan. “Target kami, di bulan Maret bertepatan dengan HUT Kota Singaraja aplikasi ini akan diluncurkan dan langsung diakses bersama dengan masyarakat Buleleng yang hadir pada pelaksanaan hiburan rakyat di GOR Bhuana Patra Singaraja,” pungkasnya. (Wiwin Meliana)

 

To Top