Bunda & Ananda

Rumitnya Adopsi Anak, Ini Penjelasan Ruben Onsu

cybertokoh.com – Ternyata proses mengadopsi anak secara resmi tidak semudah yang dibayangkan. Setidaknya itu yang dirasakan Ruben Onsu yang berkeinginan menjadikan Betrand Peto menjadi anak angkatnya secara resmi.

Betapa tidak, untuk itu ia dan Sarwendah, istrinya, bukan hanya harus menjalani serangkaian sidang tapi juga menjalani tes kejiwaan, dll.
“Bener-bener nggak nyangka. Katanya cuma tes tapi pertanyaan yang harus dijawab banyak sekali. Termasuk juga pertanyaan yang berkaitan dengan psikologi,” ungkap Ruben.

Sekarang ini, kata Ruben lagi, tahap Betrand masih sebagai anak asuh. Hak hukumnya adalah hak asuh. “Nanti setelah Betrand berusia 17 tahun, baru akan jalani sidang lagi untuk anak angkat. Sekarang kedua orangtua Betrand sudah memberikan hak asuhnya kepada saya,” jelas presenter kondang ini.

Ruben bertemu Betrand awalnya dari program TV asuhan Ruben dimana Betrand sebagai bintang tamu. Kehadirannya di acara itu lantaran suaranya yang indah dan videonya menyanyinya viral di medsos. Bakatnya yang besar itulah yang membuatnya menjadi bintang tamu di acara Ruben.

Awalnya, kata Ruben, dia sama sekali tidak terpikir soal mengangkat anak. Namun dia berniat membantu Betrand mengembangkan bakat menyanyinya. Karena Betrand putra asli NTT maka di Jakarta untuk sementara tinggal di rumah Ruben. Tak dinyana, semua keluarga Ruben, baik itu Sarwendah maupun Thalia, putri sulungnya, sangat suka Betrand. Seperti Sarwendah dan Thalia, Ruben pun ternyata sudah kepincut pada Betrand.

Dari sanalah mulai terpikir oleh Ruben-Sarwendah untuk mengangkat anak Betrand.”Waktu dia (Betrand) panggil gua ‘Bapak’. Gua bilang,’Panggil saya ‘ayah’ ya. Nggak tahu kenapa, omongan itu meluncur begitu aja dari mulut gua,” ungkap Ruben.

Sejak kehadiran Betrand di rumahtangganya, Ruben dan Sarwendah merasakan hal yang berbeda. Suasana makin ceria dan bahagia. Ruben mengaku, keinginannya dan Sarwendah sudah disampaikan pada orangtua Betrand, dan mereka setuju. Bahkan untuk itu Ruben, Sarwendah maupun Betrand telah mengikuti ritual adat pengangkatan anak di sana, Desa Cancar, Manggarai, NTT. (Diana Runtu)

To Top