Metropolitan

Pemerintah akan Beri Bantuan Korban Banjir

cybertokoh – #Kabar baik untuk para korban banjir. Pemerintah memutuskan untuk memberi bantuan pada mereka yang terdampak banjir bandang dan longsor di sejumlah daerah seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, dll, yang terjadi pada awal 2020.

Informasi dari Setkab, bantuan dari pemerintah berupa Rp 50 juta untuk yang rusak berat, Rp 25 juta untuk yang rusak sedang dan Rp 10 juta untuk yang rusak ringan.
“Pemerintah tidak akan membangun hunian sementara (huntara) bagi korban banjir, banjir bandang, dan tanah longsor. Dengan demikian, masyarakat nanti akan mendapatkan dana tunggu hunian sebesar Rp 500 ribu per bulan sampai nanti rumahnya bisa dihuni kembali,” kata Doni Monardo, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo kepada wartawan usai mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) tentang Pencegahan dan Penanganan Dampak Banjir, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (8/2).

Presiden, kata Doni, memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah bekerja keras di lapangan untuk memberikan pertolongan pertama kepada seluruh masyarakat yang terdampak. “Kerjasama ini juga didukung oleh berbagai pihak terutama khususnya kepada unsur TNI, Polri, Badan SAR Nasional, dan BPBD serta para relawan yang tiba pada hari pertama sejak peristiwa banjir, banjir bandang, dan tanah longsor,” ujarnya.

Presiden berharap, kerjasama ini dipertahankan sehingga proses rehabilitasi dan rekonstruksi pasca terjadinya banjir, banjir bandang, dan tanah longsor bisa berjalan dengan lancar sampai akhirnya masyarakat bisa kembali beraktivitas sebagaimana yang diharapkan. (Diana Runtu)

To Top