Kuliner

Ini Manfaat Almond untuk Kesehatan

cybertokoh.com – Kacang-kacangan merupakan opsi camilan sehat yang paling digemari dan popular.  Terlebih, camilan jenis ini mengandung nutrisi lengkap, yakni protein, serat dan lemak yang baik. Salah satu dari jenis kacang -kacangan yang baik untuk kesehatan adalah kacang almond. Benarkah demikian?

Menurut Nikki Indrawati (Plant Bassed dan Konsultan Nutrisi Berbasis Holistik) , selain enak untuk dimakan, kacang almond juga memiliki jumlah serat lebih tinggi dari jenis kacang lainnya, yaitu 4 gram per porsi dalam 1 ons atau sekitar 23 biji almond. Kacang almond juga mengandung vitamin E dan protein paling banyak dibanding semua kacang pohon.

Kandungan vitamin E dan antioksi dan inilah yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan. Selain itu kacang almond dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mendukung sistem kekebalan tubuh. “Masih ada lagi, manfaat lainnya yaitu bisa membantu menekan kolesterol jahat atau kadar LDL terutama jika mengonsumsi kacang ini dengan kulitnya yang mengandung flavonoid,” ujarnya.

Manfaat almond lainnya juga ditemukan dalam kandungan karbohidrat yang rendah tapi tinggi lemak, protein dan serat. Dan, kandungan inilah yang dapat mengontrol gula darah tetap stabil sehingga baik untuk orang dengan diabetes. Kacang almond juga merupakan sumber energi berkelanjutan yang sangat baik karena mengandung karbohidrat, protein dan lemak.

Bahkan, lanjut Nikki kandungan magnesium pada kacang almond mampu membantu tubuh menghasilkan energi dengan proses pembakaran lemak dan karbohidrat. Beberapa tahun terakhir ini kepopuleran kacang almond juga meningkat sebagai sumber alternatif bahan pembuat susu nabati yang merupakan solusi bagi mereka yang alergi susu sapi atau juga bagi yang menganut pola makan vegan. (Sri Ardhini)

 

To Top