Edukasi

Dosen STMIK Primakara Peduli Literasi Digital Siswa SD

Dosen STMIK Primakara melakukan pengabdian masyarakat dalam bidang pelatihan keterampilan komputer kepada siswa SDN 2 Tibubeneng Badung. Pelatihan ini dilakukan Oktober 2019. Kegiatan ini diikuti oleh 104 orang peserta siswa kelas IV, V, VI.

Ketua pelaksana kegiatan, Nengah Widya Utami, S.Pd., M.Kom menyatakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bidang pelatihan keterampilan komputer ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar komputer serta teknologi informasi kepada siswa SD. Pelatihan ini diharapkan memberikan bekal kepada siswa tentang keterampilan dasar komputer dan teknologi informasi khususnya internet bagi pengembangan ilmu pengetahuan, serta sebagai bentuk pengembangan nilai-nilai karakter dalam bidang pendidikan berupa rasa keingintahuan, kreatif, inovatif, dan komunikatif.

Penyelenggara kegiatan ini terdiri dari 2 orang dosen, Nengah Widya Utami, S.Pd., M.Kom sebagai Ketua Pelaksana, Ni Luh Putu Ning Septyarini Putri Astawa, M.Pd sebagai Anggota Pelaksana. Selain dosen, kegiatan ini juga melibatkan 3 orang mahasiswa sebagai anggota pelaksana, diantaranya  Gusti Ayu Putu Mitha Karisma Dewi, I Gusti Agung Dwi Permana Merta Yoga, dan Nabilla Insyira Rizqy Hariyanto.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Primakara yang juga Ketua Pelaksana dalam kegiatan ini menyatakan bahwa pelatihan keterampilan komputer ini dilaksanakan sebagai bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kedepannya diharapkan semua dosen STMIK Primakara meningkatkan kegiatan pelaksanaan pengabdian masyarakat terutama dalam tujuannya untuk meningkatkan digital literacy skill masyarakat luas.

“Kegiatan-kegiatan pengabdian masyarakat seperti ini sangat penting untuk ditingkatkan pelaksanaannya sebagai bukti kepedulian kita tentang kemampuan digital literacy generasi muda”, ujar Nengah Widya Utami, S.Pd., M.Kom yang biasa disapa Widya kepada Redaksi Tokoh, Kamis (19/12).

Ni Luh Putu Ning Septyarini Putri Astawa, M.Pd yang biasa disapa Tuning menambahkan digital literacy skill sangatlah penting untuk dikuasai oleh generasi muda sekarang terutama untuk mempersiapkan dirinya dalam menghadapi tantangan abad 21 dan globalisasi. Teknologi sangat berkaitan erat dan tidak dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Kegiatan pengabdian masyarakat ini benar-benar mampu membawa dampak baik dan pengaruh positif di kalangan masyarakat khususnya siswa kelas IV, V, VI dari SDN 2 Tibubeneng. “Kegiatan ini disambut baik oleh para guru dan siswa karena dalam pelaksanaanya siswa dapat belajar keterampilan menggambar menggunakan teknologi aplikasi Paint,” paparnya.

Kepala SDN 2 Tibubeneng, Ni Nengah Sukerti, S.Pd., M.Pd menyatakan kegiatan pelatihan keterampilan komputer seperti ini belum pernah  dilaksanakan sebelumnya sehingga memang sangat diperlukan oleh para siswa. (ard)

To Top