Sekitar Kita

Semarak BRIFFEST dan PRS Meriahkan 124 Tahun BRI

Tahun 2019 BRI genap berusia 124 tahun. Selama waktu lebih dari seabad ini BRI melayani masyarakat Indonesia dari kota hingga ke pelosok desa. BRI terus bertumbuh secara positif dan bertransformasi menjadi bank yang menjawab semua kebutuhan nasabah akan tansaksi perbankan.

Perayaan ulang tahun ke-124 BRI di Kantor Wilayah BRI Denpasar dikemas berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Perayaan HUT kali ini dirangkaikan dengan BRIFFEST Pesta Rakyat Simpedes (PRS) di lapangan Bajra Sandi Renon, Minggu (15/12). Kegiatan yang dibuka Gubernur Bali Wayan Koster tersebut juga dihadiri Direktur Jaringan dan Layanan BRI Ahmad Solichin Lutfiyanto, Kepala OJK Regional 8 Bali Nusra Elyanus Pongsoda, Pemimpin Wilayah BRI Denpasar Ida Bagus K. Subagia, Kepala Audit Intern BRI Wilayah Denpasar Joni Alwadris, para pejabat yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, nasabah BRI, pekerja BRI, dan keluarga pekerja BRI se-Bali.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI, Ahmad Solichin Lutfiyanto mengatakan, menyambut HUT ke-124 BRI yang jatuh pada 16 Desember 2019 diadakan bermacam-macam kegiatan. “Kami melaksanakan SportArtcular (Pekan Olah Raga dan Seni), BRI Family Day Festival (BRIFFEST) yang kita lakukan hari ini, dan upacara syukuran HUT BRI yang kami gelar Senin. HUT kali ini memang spesial karena dirangkaikan dengan Pesta Rakyat Simpedes yang dibuka langsung oleh Gubernur Bali, Bapak Wayan Koster,” ujarnya.

Dalam sambutannya Koster mengatakan punya sejarah dengan BRI sebagai BUMN sejak duduk di Banggar DPR RI. “Bagaimana membangun dan meningkatkan kinerja BRI. BRi punya konstituen paling besar. Jangkauan dan infrastruktur paling besar, sampai ke desa. Pelayanan harus lebih berkualitas. BRI luar biasa,” tegasnya.

PRS merupakan program tahunan yang pertama kali dilakukan pada tahun 2008 dan digelar untuk menjangkau masyarakat khususnya yang berdomisili di area rural. PRS ini merupakan satu rangkaian besar dalam memperingati HUT ke-124 BRI yang merupakan program nasional berupa kegiatan seremonial dari Panen Hadiah Simpedes untuk nasabah Tabungan BRI Simpedes yang tahun ini dilaksanakan di 100 titik di seluruh Indonesia. Untuk Kantor Wilayah BRI Denpasar, terpilih 5 Kota penyelenggara dimulai dari Kota Amlapura, dilanjutkan dengan Singaraja, Mataram, Kupang dan berakhir hari ini di Kota Denpasar. Kota Denpasar sebagai ibu kota provinsi Bali dipilih karena merupakan pusat perekonomian dan pariwisata yang tercermin dengan banyaknya jumlah unit kerja BRI yakni 4 kantor cabang yaitu Kantor Cabang Denpasar Gajah Mada, Denpasar Gatot Subroto, Denpasar Renon, dan Kuta dengan 43 kantor BRI unit.

Selain itu, potensi perkembangan kota Denpasar juga sangat menjanjikan.
Besarnya potensi Kota Denpasar, terlihat dari tingginya penyerapan kredit Kupedes dan KUR Mikro yang telah disalurkan oleh seluruh unit kerja BRI tersebut hingga bulan November ini, yang bersumber dari penghimpunan dana masyarakat. Dana tersebut disalurkan kembali dalam bentuk kredit kepada masyarakat, pelaku usaha terutama UMKM di Denpasar dan sekitarnya.

Pesta Rakyat Simpedes merupakan rangkaian perayaan HUT BRI kali ini mengusung konsep 6P. Hal inilah yang mampu menyalurkan semangat berbagi suka se- Indonesia sehingga menjadi tema Pesta Rakyat Simpedes tahun ini. Adapun konsep 6P tersebut adalah pawai, panggung, pojok X’sis, peduli, pasar, dan panen.
Terlaksananya PRS ini di Bali tidak lepas dari peran serta dan kepercayaan masyarakat Bali dalam menempatkan dananya serta bertransaksi di BRI. Karena itu BRI berkomitmen untuk menjaga kepercayaan tersebut dan terua berinovasi untuk mewujudkan Indonesia BRIlian.

Selain kegiatan-kegiatan tersebut, sebagai bentuk tanggung jawab sosial BRI kepada masyarakat, dalam rangka HUT ke-124 BRI juga menyalurkan dana CSR dalam berbagai program. CSR tersebut antara lain Program Konservasi Sungai/kali di 19 titik lokasi se Indonesia. Untuk Kanwil BRI Denpasar dilakukan di 1 titik lokasi sungai di Bali. Program Pelatihan 10.000 UMKM se Indonesia. Untuk Kanwil BRI Denpasar dilaksanakan di 5 titik lokasi: Kabupaten Badung, Tabanan, Jembrana, Sumbawa NTB, dan Kota Kupang. Program Padat Karya di 50 titik lokasi se Indonesia. Kanwil BRI Denpasar dilakukan di 3 titik lokasi, meliputi Pembangunan Balai Subak Untuk krama subak Bonnyuh Sari Kab. Gianyar, Pembangunan jalan Desa Giri Sasak Kab. Lombok Barat NTB, dan pembangunan jalan Kelurahan Airmata Kota Kupang. Program pembangunan 200 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Untuk wilayah Kanwil BRI Denpasar dilakukan di 15 titik lokasi, yang terdiri dari 5 titik lokasi di Bali, 5 titik lokasi di NTB, dan 5 titik lokasi di NTT.
Kemeriahan HUT ke-124 BRI dan PRS diawali dengan fun walk yang melibatkan pekerja dan keluarga pekerja BRI se-Bali, Zumba bersama, penyerahan Panen Hadiah Simpedes semester I tahun 2019 berupa 2 Unit mobil kepada 2 orang nasabah Simpedes yang beruntung, penyerahan bantuan CSR Pembangunan Gedung Kantor Majelis Desa Adat Provinsi Bali Sebesar Rp 2,5 miliar kepada Bendesa Agung MDA Provinsi Bali, penyerahan bantuan 150 paket sembako gratis kepada masyarakat Denpasar total senilai Rp 22,5 juta, dan pengundian hadiah-hadiah menarik PRS untuk masyarakat.

Tidak hanya itu, sepanjang 1 hari tersebut masyarakat juga dimanjakan dengan hiburan pawai PRS, penampilan dari Joni Agung & Double T, dan ditutup dengan penampilan artis nasional Siti Badriah. Seluruh rangkaian kegiatan dan hiburan tersebut dipersembahkan oleh BRI sebagai wujud terimakasih BRI kepada masyarakat dan seluruh keluarga besar pekerja BRI. (rls)

To Top