Edukasi

Akademi Komunitas Manajemen Perhotelan Indonesia Bantu Perajin Batok Kelapa

Akademi Komunitas Manajemen Perhotelan Indonesia melakukan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa “Pemberdayaan Kelompok Kerajinan Batok Kelapa Melalui Pengembangan Produk Berbasis Limbah Kelapa”. Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan di Desa Timpag, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan.

Pengabdian kali ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu kelompok perajin batok kelapa dalam memperbaiki taraf ekonomi keluarga. Pengabdian ini memberikan pelatihan dan bantuan alat pemotong, amplas dan sikat batok kelapa untuk mendukung proses produksi kerajinan melalui Hibah Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM), Direktorat Jenderal Penguatan  Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang diketuai oleh Irawinne Rizki Wahyu Kusuma, S.Sos, M.I.Kom, dan bekerjasama dengan tim dosen dan mahasiswa dari Akademi Komunitas Manajemen Perhotelan Indonesia.

“Kami memberi pelatihan mengenai cara mengelola usaha, manajemen pengolahan produk, pelatihan distribusi dan pemasaran, serta pelatihan pengelolaan keuangan” ujar Irawinne. Bantuan alat yang diberikan dapat membantu  proses produksi secara cepat dan kualitas kerajinan lebih berkualitas sehingga hasil produksi akan jauh lebih meningkat.

“Kami sangat bersyukur diberikan bantuan alat dan pelatihan, sehingga kelompok kami lebih semangat dan termotivasi dalam mengembangkan usaha kerajinan batok kelapa ini” imbuh ketua Kelompok, Made Sumerta.

 

 

To Top