Edukasi

Ayo Dorong “Startup” Digital Tanah Air

Untuk ketiga kalinya, Kementerian Kominfo RI melaksanakan Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital. Dalam pembukaan yang digelar 18 Agustus 2019 lalu turut dihadiri Presiden Jokowi dan sejumlah Menteri. Kegiatan ini dilaksanakan di sejumlah kota di Indonesia.

Di Denpasar, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital-Ignite The Nation digelar Sabtu (7/9) di GOR Lila Bhuana. Acara dihadiri Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra. “Ini kesempatan baik untuk Denpasar, para pemilik startup juga mendapatkan kesempatan. Ini bukan kompetisi tapi pemberdayaan. Bagaimana kita bisa mendapatkan para enterpreneur yang diberdayakan. Harapan, tentu mereka bisa memenangkan persaingan di era 4.0,” ujar Walikota.

Ia menambahkan startup tidak terfokus pada kemampuan seseorang dengan modal besar, tapi bagaimana dia punya talenta kreatif. Kaum disabilitas pun ada yang punya startup. “Nantinya mereka bisa masuk program Gerakan Nasional 1000 startup dan akan dibiayai. Denpasar sendiri punya Balai Budaya yang akan jadi Creative Hub. Kalau nasional mau cetak 100, kita di lokal Denpasar 10 startup aja dulu. Mereka perlu dibranding dan dipromosikan. Kendalanya hanya di minat. Mau apa ndak,” tegas Rai Mantra

Sementara itu, Michael Reza Say – VP Corporate Affairs Gojek memaparkan tentang kiat mendorong pertumbuhan startup digital di Tanah Air. Menurutnya tantangan utama sektor informal di Indonesia antara lain inefisiensi dan persaingan,  akses terbatas ke pelanggan,  dan akses terbatas ke layanan keuangan (unbankable).

”Gojek berkontribusi Rp 55 triliun bagi perekonomian Indonesia pada tahun 2018. Ini hasil survey LD FEB UI pada 2018 tentang Dampak Gojek di Indonesia dengan menggunakan asumsi 100% mitra aktif,” ujarnya Reza.

Ia juga menuturkan dampak Gojek terhadap Mitra UMKM. 96% mitra UMKM mendapatkan pelanggan baru sejak bergabung dengan GoFood. 93% mitra UMKM mengalami peningkatan volume transaksi setelah menjadi mitra GoFood. Rata-rata kenaikan omset UMKM naik 3,5 kali lipat. 93% UMKM go online pertama kali sejak bermitra dengan GoFood. 75% UMKM menerapkan pembayaran non-tunai pertama sejak menjadi mitra GoFood.

”Khusus dampak Gojek terhadap perekonomian Kota Denpasar, Gojek berkontribusi Rp 1.9 triliun pada perekonomian Kota Denpasar tahun 2018. Kontribusi GoRide pada tahun 2018 meningkat hingga lebih dari 2 kali lipat dari tahun 2017. Kontribusi GoFood pada tahun 2018 meningkat lebih dari 60% dari tahun 2017.  Mitra GoCar berkontribusi sebesar Rp 190 miliar pada tahun 2018.  Mitra GoLife berkontribusi sebesar Rp 48 miliar pada tahun 2018,” ungkap Reza.

Ke depan, ia berharap dengan adanya Gerakan  Nasional 1000 Startup ini mendukung ekonomi digital. Potensi di luar Jakarta banyak. Salah satunya Denpasar. Keberhasilan Gojek yang berawal dari startup ini bisa diharapkan bisa menular ke startup lain. (Ngurah Budi)

To Top