Sekitar Kita

Kunjungan Forward Bali ke Sekretariat DPRD Jawa Timur

Dari kiri: Kadek Putra dan Imam Cholil

Sebanyak 20 orang wartawan media cetak, online, dan elektronik yang tergabung dalam Forward (Forum Wartawan DPRD) Bali serta staf Humas Sekretariat DPRD Bali melakukan kunjungan ke Sekretariat DPRD Jawa Timur, Kamis (22/8).

Rombongan yang dipimpin Kasubag Tata Usaha, Kepegawaian , Humas, dan Protokol DPRD Bali I Kadek Putra ini diterima Kabag Umum Sekretariat DPRD Jawa Timur Imam Cholil dan beberapa anggota wartawan DPRD Jawa Timur.

Imam Cholil mengatakan, media merupakan pilar penting dalam penyampaian informasi kepada masyarakat. Ia menilai pentingnya menjalin hubungan yang baik antara media dengan anggota DPRD.
“Para wartawan yang meliput di DPRD Jawa Timur kami sebut sebagai Pokja Indrapura. Nama kami ambil karena gedung DPRD Jawa Timur terletak di Jalan Indrapura. Dengan dibentuknya Pokja ini sangat membantu penyampaian kinerja para anggota DPRD,” imbuhnya.

Ia mengatakan, untuk kegiatan yang dilakukan Pokja mereka menggagas sendiri, sementara dari pihak sekretariat DPRD Jawa Timur hanya memfasilitasi tempat di lobi.

Rico, Ketua Pokja Indrapura mengatakan, selama ini kerjasama antara wartawan dengan Sekwan sangat baik bahkan sudah seperti keluarga. “Komunikasi kami sangat baik dengan Sekwan DPRD Jawa Timur,” ujar Rico.

Beberapa kegiatan telah banyak dilakukan Pokja Indrapura diantaranya FGD dan seminar tentang isu-isu terkini seperti menolak tembakau import.

Ia mengatakan, mengingat petani tembakau di Jawa Timur jumlahnya jutaan sehingga dianggap perlu untuk melakukan suatu aksi menyampaikan aspirasi masyarakat Jawa Timur.Hasil FGD ini kemudian disampaikan ke Presiden Jokowi untuk menjadi masukan.

Suut salah satu anggota Pokja Indrapura mengatakan, saat ini mereka juga sedang ikut membantu KPK.
Ia mengaku prihatin banyak kasus kepala daerah di Jawa Timur diperiksa KPK soal anggaran.
Ke depan, Pokja Indrapura menggagas adanya raker dengan mendatangkan tokoh yang menguasai bidang anggaran sehingga meminimalis kasus penyalahgunaan anggaran.
Kadek Putra mengatakan tujuan diadakannya acara kunjungan ini adalah untuk menjalin kerja sama yang baik antara humas dan para wartawan. Disamping itu juga, dengan melakukan kunjungan ke daerah lain adalah suatu bentuk pembelajaran dengan model ATM amati, tiru, dan modifikasi.
Ia berharap, hasil yang didapat saat kunjungan dapat memberikan kontribusi positif bagi kerja sama ke depan antara para wartawan dan anggota DPRD. (Wirati).

To Top