Woman on Top

“Atasan”

‘Salam Senyum’

Masih ingat dengan customer internal dan customer eksternal? Di dunia layanan hal ini sering menjadi pokok pembahasan yang dalam. Pekerjaan melayani lebih ditekankan melayani customer yang tentunya diibaratkan tamu, pelanggan, atau orang luar yang datang ke perusahaan kita. Namun, jarang membahas tentang bagaimana melayani customer internal. Seperti bawahan, atasan, atau rekan kerja sejawat. Padahal ketika kita menginginkan customer eksternal terlayani dengan baik, maka yang pertama dilakukan adalah bagaimana layanan terhadap internal sudah terjalin dengan baik.

Ketika memberikan pelatihan kepada sebuah instansi/perusahaan, pertanyaan untuk melayani customer internal jarang terlontarkan. Peserta pelatihan lebih fokus untuk memperbaiki layanan kepada pelanggan pelanggan mereka yang tentu datang dari luar perusahaan/intansi tempat mereka bekerja. Namun, setelah selesai pelatihan banyak dari peserta yang bertanya langsung kepada saya tentang melayani customer internal. Baik para bawahan yang melayani atasannya, atau bagaimana atasan melayani bawahan dan  bagaimana melayani teman sejawat.

Pembaca setia Dhani’s Art in Service, yang pertama yang saya bahas di sini adalah bagaimana layanan seorang bawahan ketika melayani customer internal-nya yaitu atasannya sendiri. Hal ini tentu sangat penting dilakukan. Selain untuk memudahkan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab sebagai bawahan, juga agar dapat lebih mudah menapaki kesuksesan dalam berkarier.

Pasti banyak yang tidak setuju ketika ada kalimat “Sejumlah atasan menyukai bawahan yang penjilat”. Namun, di dunia nyata, kalimat ini bukan hanya isapan jempol belaka. Banyak ditemukan kasus yang serupa dengan pernyataan di atas. Tidak dimungkiri, dalam sebuah instansi/perusahaan, keharmonisan hubungan atasan dan bawahan sangatlah memegang peran penting dalam kemajuan kinerja perusahaan. Bagaimana cara seorang bawahan dapat melayani atasan dengan baik? Saya akan berikan beberapa cara untuk dilakukan, diantaranya.

Yang pertama yang dapat dilakukan kalau menjadi seorang bawahan adalah datang lebih awal dari atasan Anda. Menyiapkan meja atasan dengan baik juga dapat dilakukan, dan jangan lupa dengan memakai pakaian yang rapi atau bahkan lebih konservatif. Setiap atasan lebih senang melihat bawahannya datang terlebih dahulu.

Selanjutnya hal yang dapat dilakukan untuk melayani atasan adalah mengantisipasi kebutuhan dari atasan. Bawahan yang baik, dapat memahami apa kebutuhan seorang atasannya. Misalnya, atasan akan melakukan presentasi di hadapan forum pimpinan. Bawahan yang baik tentu sudah menyiapkan data, informasi-informasi yang penting yang berkaitan, dan juga persiapan  sarana yang mendukung. Membuat pekerjaan atasan lebih mudah dan lancar akan membuat Anda sebagai bawahan kebanggaan bagi mereka.

Hal ketika yang perlu dilakukan sebagai bawahan adalah yang berurusan dengan disiplin. Orang yang mempunyai disiplin yang tinggi adalah seorang pembelajar yang baik. Hal ini tentu tidak terlepas dari semangat bawahan untuk belajar dari mentornya yaitu atasannya. Menyerahkan laporan tepat waktu, menggunakan waktu istirahat sesuai dengan jam yang ditentukan dan lain sebagainya.

Pertanyaan yang mulai timbul adalah, bagaimana ketika seorang bawahan tidak sepaham dengan atasannya?  Dan hal ini tentu akan dapat menimbulkan konflik. Dalam layanan,  hal seperti ini sama dengan ketika seorang customer service sedang melayani complain seorang pelanggan. Perlu keahlian dalam menghadapinya. Seperti apakah itu. Nantikan tulisan saya selanjutnya.

Sudahkah para pelaku layanan di perusahaan/instansi kita memahami dan melakukan  hal tersebut di atas? Materi ini juga  terdapat dalam pelatihan dengan Sri Sumahardani Academy  dengan judul  ‘Serve with Love’ atau buku saya dengan judul ‘Service A La Carte’, serta materi-materi pelatihan yang lainnya,  seperti ‘Good Communication for Good Perfomance,’ ‘Great Personality,’ ‘Upgrade Your Selling Skill’  dan dua belas materi lainnya. Ingin mengetahui, memahami dan mengaplikasikan layanan ini di perusahaan/instansi Bapak/Ibu? Silakan hubungi kami, dan kami siap untuk membantu.

Salam 3SP

Salam Senyum Sang Penyihir

Sri Sumahardani

srisumahardani3sp@gmail.com

www.srisumahardani.com

 

 

 

To Top