Sekitar Kita

Gunakan Besek, Kiat LDII Bali Batasi Plastik

Ada pemandangan beda saat pembagian daging kurban Hari Raya Idul Adha 1440 H di Sekretariat LDII Provinsi Bali. Panitia menggunakan besek sebagai pengganti plastik untuk tempat daging. Besek juga dihias dengan janur.

“Kami mematuhi Pergub Bali no 97 tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai. Karena itu, kami memilih menggunakan besek untuk tempat daging kurban,” ungkap Agus Purmadi, Sekretaris DPW LDII Provinsi Bali, Minggu (11/8).

Ia menambahkan tahun ini LDII Bali menyalurkan kurban yang terdiri dari 112 ekor sapi dan 325 ekor kambing. Semua daging kemudian dikemas menjadi 10 ribu besek.

H. Hardilan, S.H. Wakil Ketua DPW LDII Bali menjelaskan penerima daging kurban tersebar di tujuh kabupaten/kota yang ada di Bali yakni Denpasar, Badung, Tabanan, Gianyar, Karangasem, Buleleng, Jembrana. “Pembagian daging dengan sistem jemput bola. Masing-masing ketua LDII mulai dari kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota mendata warga yang berhak mendapatkan daging. Setelah itu diantarkan ke warga yang sudah didata itu,” jelasnya.

Pembagian daging kurban diperuntukkan bagi beberapa golongan yaitu orang yang kurban, orang yang menghendaki, orang yang meminta, dan orang yang diberi.

Hardilan dan Agus juga mengucapkan terima kasih kepada Desa Pakraman Padangsambian beserta tokoh masyarakat dan warga yang turut mendukung pelaksanaan ibadah dan kurban Idul Adha.

Sebelum pemotongan dan pembagian daging kurban, LDII Bali mengadakan sholat yang dipimpin H. Edi Makmur, S.Pd., M.M., Penasihat DPW LDII Bali. (Ngurah Budi)

To Top