Sosialita

Inovasi “Tabanan dalam Genggaman”

Satu lagi inovasi dalam hal informasi dan data diciptakan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti. Setiap orang yang memiliki ponsel dapat mengakses “Tabanan dalam Genggaman”.
Menurut Bupati Eka, inovasi ini baru saja sebulan diluncurkan. Saat ini masih tahap sosialisasi ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Tabanan dan kepada masyarakat.
Ia menilai, saat ini, kita masih miskin informasi dan data. Kadang kita melihat informasi di google hasilnya juga bisa beda. “Dengan program ini, operatornya adalah masing-masing OPD. Jadi, informasi dan data yang didapat adalah benar, termasuk tujuan kita harus kemana juga jelas. Bisa diibaratkan ini seperti kompasnya Tabanan,” jelas Bupati Eka.
Dengan meng-install program Tabanan Dalam Genggaman, kita bisa mengakses mengenai informasi dan data mengenai Tabanan secara keseluruhan. Mulai dari sosial ekonomi, kesehatan, tempat makan, tempat wisata, dsbnya.
Aplikasi ini sudah bisa diunduh melalui android atau Google Play Store di smartphone masing-masing. Aplikasi ini menyediakan berbagai informasi mulai atau nama warung makan, tempat wisata, dokter, tukang, hotel, rumah sakit, salon, lokasi ATM, dan banyak lainnya lagi. Sehingga masyarakat Tabanan atau wisatawan yang sedang berkunjung ke Tabanan tak usah bingung lagi.
“Kami memiliki 40 OPD. Saat ini masih sosialisasi ke OPD agar mereka bisa menyiapkan dan meng-link-kan ke program ini, sehingga kami harapkan dua tahun ke depan sudah bisa sempurna,” kata Bupati Eka.
Ia menambahkan, untuk saat ini memang masih bersifat data input, sudah tersedia nomor telepon, website, seperti company profile dalam setiap informasi, selanjutnya setelah sosialisasi ini, masing-masing OPD akan meselaraskan program mereka ke Tabanan dalam Gengaman.
Ia mencontohkan, misalnya rumah sakit. Ke depan, bisa juga untuk daftar antri rumah sakit. Begitu saja program Trans serasi. Dengan program GPRS orangtuanya sudah tahu anaknya sudah sampai di mana dengan mobil apa, jam berapa tiba. Masyarakat yang sudah memiliki id masuk ke program Trans Serasi untuk mengakses mobilisasi anak sekolah ini, bisa juga masuk lewat Tabanan dalam Gengaman.
Dinas Catatan Sipil memiliki program Depaon, sistem registrasi KTP dsbnya, nanti juga digabungkan dalam Tabanan dalam Gengaman.
Ia menjelaskan, aplikasi ini bertujuan untuk memberi kemudahan kepada masyarakat Tabanan khususnya yang ingin mencari lokasi tujuan belanja ataupun lainnya. Terlebih lagi, saat ini kita berada di zaman yang sebagian besar pelayanan informasinya online.
“Semangat aplikasi ini bagaimana konsep smart city. Sebenarnya aplikasi ini membutuhkan peran serta masyarakat Tabanan, jadi kita memberikan ruang kepada masyarakat yang memiliki usaha misalnya salon, bengkel las, atau kuliner, bisa dimasukkan atau mengunggah informasinya ke aplikasi ini
Menurutnya, yang paling prioritas adalah UMKM yang ada di Tabanan misalkan seperti usaha genteng, kerupuk, dan sebagainya. “Jadi masyarakat yang akan menggunggah informasi itu sendiri ke aplikasi. Saat ini masih pengembangan, dan sedang siapkan video tutorial untuk cara pengunggahan informasi,” jelasnya. -ast

To Top