Woman on Top

“Bahasa Layanan”

Salam Senyum

Perusahaan atau instansi yang care terhadap layanan tentu mempunyai ‘bahasa layanan’ yang mereka ciptakan sendiri. Pentingnya bahasa layanan ini sebenarnya untuk memaksimalkan pencapaian target layanan yang diinginkan oleh perusahaan ataupun instansi tersebut. Dan, ini biasanya sejalan dengan visi dan misi  perusahaan atau instansi mereka. Apa sebenarnya bahasa layanan tersebut ?  Kalau Anda memiliki perusahaan atau pimpinan dalam perusahaan yang mengutamakan layanan, bagaimana cara memulai untuk menyusunnya?

Bahasa layanan sebenarnya adalah bahasa bersama dalam sebuah  komitmen untuk pencapaian  target dalam layanan. Dimana disini juga bertujuan menyelaraskan maksud dan tujuan semua para pelaku layanan yang terlibat.  Bahasa layanan ini biasanya diwujudkan dalam bentuk kalimat-kalimat yang mendukung para pelaku layanan untuk menjadi standar perilaku mereka ketika melayani. Bahasa layanan sering diidentikkan dengan sebuah slogan atau bahasa kerennya tag line, seperti ‘Melayani dengan setulus hati’,  ‘Pelayanan terdepan’, ‘Menciptakan layanan seperti di rumah Anda sendiri’, ‘Layanan cepat dan ramah’, ‘One stop service’, ‘Layanan Zero Complaint’, dan lain sebagainya.

Menyusun bahasa layanan tidaklah begitu sulit. Kalau dalam istilah marketing kita kenal dengan target, begitu pula di layanan tentu kita akan memasang target. Untuk menuju keberhasilan target layanan, bahasa layanan ini sangat berperan. Maka seandainya perusahaan Anda belum memiliki bahasa layanan, ayoooo segera untuk menyusunnya.  Namun patut diketahui,  untuk menyusun bahasa layanan ada beberapa hal yang harus dipenuhi. Diantaranya adalah bahasa layanan tersebut  harus simpel,  mudah dimengerti, mudah diucapkan, mudah diaplikasikan atau diterapkan. Bahasa layanan itu juga harus masuk akal atau sesuai logika. Baik untuk pelanggan internal ataupun  eksternal. Bahasa layanan juga harus bermakna  dan menarik.

Pembaca setia Dhani’s Art inService, ketika sudah tercipta bahasa layanan, maka hal ini harus menjadi kebiasaan seluruh para pelaku layanan untuk mengucapkan dan bertindak  yang sama terhadap setiap pelanggan. Di sebuah perusahaan, ada yang memakai bahasa layanan ‘Helping People Celebrata Life’, (membantu orang merayakan kehidupan).  Jadi bahasa layanan ini akan mencerminkan setiap pelaku layanan. Bagaimana mereka memperlakukan pelanggan dengan bahasa layanan yang mereka ciptakan.

Jika Anda sebagai seorang pimpinan, haruslah aktif memakai sekaligus mempromosikan bahasa layanan ini  ke seluruh tim layanan di bawahnya. Dengan sering mendengar, dan diberikan contoh berupa perilaku layanan yang sesuai dengan bahasa layanan, maka para pelaku layanan dengan mudah meniru dan melakukan sesuai role model pimpinan mereka. Coba dulu dengan sususan kata-kata yang sederhana namun tetap selaras dengan visi dan misi perusahaan.

Sudahkah para pelaku layanan di perusahaan/instansi kita memahami dan melakukan  hal tersebut di atas? Materi ini juga  terdapat dalam pelatihan dengan Sri Sumahardani Academy  dengan judul  ‘Serve With Love’ atau buku saya dengan judul ‘Service A La Carte’, serta materi-materi pelatihan yang lainnya,  seperti ‘Good Communication for Good Perfomance,’ ‘Great Personality,’ ‘Upgrade Your Selling Skill’  dan dua belas materi lainnya. Ingin mengetahui, memahami dan mengaplikasikan layanan ini di perusahaan/instansi Bapak/Ibu ? Silakan hubungi kami, dan kami siap untuk membantu.

Salam 3SP

Salam Senyum Sang Penyihir

Sri Sumahardani

srisumahardani3sp@gmail.com

www.srisumahardani.com

 

To Top