Kolom

“Akselerator Layanan II “

‘Salam Senyum”

Tulisan saya sebelumnya, sudah membahas tentang bagaimana percepatan tujuan layanan dengan melakukan tiga hal melalui kata – kata. Dimana para pemimpin layanan mengatakan tiga kalimat ini kepada para pelaku layanan,  “terima  kasih, Kerja Anda luar biasa, dan Tolong lakukan hal itu lagi.” Hal kecil ini sebenarnya adalah sebuah ‘pengakuan” dari seorang atasan kepada pelaku layanan atas kinerja yang sudah dilakukan.

Selain ketiga hal tersebut masih banyak cara lain yang dilakukan untuk percepatan tujuan visi layanan. Seorang pemimpin layanan harus kreatif dalam memberikan pengakuan ini kepada bawahannya. Saya akan berikan beberapa contoh yang nanti dapat dilakukan di perusahaan atau instansi di mana Anda bekerja.

Seorang ‘Customer Service’ di  sebuah jasa perbankan pernah menuturkan pengalamannya kepada saya, dan dia tidak akan pernah melupakan peristiwa ini. Disaat diadakan pertemuan rutin  bulanan seluruh pegawai   di kantornya, tiba tiba namanya dipanggil oleh seorang pimpinan. Ternyata, pimpinannya memberikan apresiasi dengan memanggilnya untuk berdiri di depan kemudian pimpinannya memohon kepada  seluruh pegawai untuk berdiri sambil bertepuk tangan atas keberhasilan kinerjanya di bulan lalu. Pimpinannya menceritakan bahwa ‘Customer Service’ ini telah berhasil melayani dengan baik seorang customer. Dimana customer ini adalah seorang Ibu yang memiliki keterbatasan fisik,yaitu pendengarannya sudah tidak normal lagi. Namun, dengan teliti, sabar, ramah dan tuntas,  layanan tersebut dilakukan dengan senang hati, sehingga customer merasa sangat senang dan bercerita kepada anaknya. Dan, melalui anaknya, hal ini diceritakan di media social, bahkan ada foto kejadiannya,  sehingga berita baik ini dapat diakses oleh banyak pemilik akun di media sosial terebut.

Kalau kita baca kembali, ternyata poinnya adalah pengakuan kinerja dari seorang pimpinan,  dengan berdiri sambal  bertepuk tangan dan mengajak seluruh pegawainya melakukan hal yang sama. Sederhana, berdiri dan bertepuk tangan dilakukan oleh banyak orang.  Ternyata pengakuan seperti ini menambah semangat seorang pelaku layanan dalam menjalankan tugasnya. Dan, tentu secara tidak langsung dapat memberi inspirasi bagi pelaku layanan lainnya.

Cerita lain yang pernah saya dengar dari seorang pelaku layanan adalah ketika seorang pimpinan sering mencetak kartu yang didalamnya berisikan kalimat pengakuan atas hasil kerja bawahannya, dan membagikannya kepada seluruh pelaku layanan di kantornya. Juga ada cerita seorang pimpinan, memberikan sehari cuti ekstra kepada seorang pelaku layanan, sekotak permen coklat, memberikan tiket nonton film / nonton speak bola, dan masih banyak kejadian-kejadian inspiratif lainnya.

Selain seperti  hal diatas, masih banyak pengakuan – pengakuan lain sebagai akselerator  yang dapat  dilakukan untuk percepatan tujuan dari sebuah visi dan misi layanan. Tentu hal seperti ini  mudah untuk dilakukan kalau kita membiasakannya. Tidak harus selalu berupa finansial, tapi bagaimana sebuah pengakuan ini dilakukan dengan tindakan dan kata – kata. Karena banyak pelaku layanan tidak bersemangat melakukan pekerjaan, yang disebabkan oleh tidak  adanya pengakuan yang dilakukan oleh pimpinannya kepada mereka. Bukankah sebuah ‘pengakuan’ merupakan akselerator bagi percepatan tujuan layanan? Kenapa kita tidak segera melakukannya?

Sudahkah para pelaku layanan diperusahaan / instansi kita memahami dan melakukan  hal tersebut di atas? Materi ini juga  terdapat dalam pelatihan dengan Sri Sumahardani Academy  dengan judul  ‘Serve With Love’ atau buku saya dengan judul ‘Service A La Carte’, serta materi-materi pelatihan yang lainnya,  seperti ‘Good Communication For Good Perfomance,’ ‘Great Personality,’ ‘Upgrade Your Selling Skill’  dan dua belas materi lainnya. Ingin mengetahui, memahami dan mengaplikasikan layanan ini di perusahaan / Instansi Bapak/Ibu ? Silahkan hubungi kami, dan kami siap untuk membantu.

 

Salam 3SP

Salam Senyum Sang Penyihir

Sri Sumahardani

srisumahardani3sp@gmail.com

www.srisumahardani.com

 

 

 

To Top