Edukasi

Jambore Pasraman Nasional V

Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama Republik Indonesia untuk yang ke-5 kalinya menyelenggarakan kegiatan Jambore Pasraman Tingkat Nasional V di Bali. Kegiatan yang diselenggarakan dari 2-7 Juli 2019 tersebut berlokasi di Aston Denpasar Hotel & Convention Center.

Kegiatan tiga tahunan yang menjadi program unggulan Ditjen Bimas Hindu tersebut dibuka secara resmi oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saefuddin, Rabu (3/7) di Grand Ballroom. Acara pembukaan tersebut juga dihadiri oleh Dirjen Bimas Hindu, Prof. I Ketut Widnya, M.A., M. Phil., Ph. D dan pejabat eselon 1 dan 2 di lingkungan Kementerian Agama RI dan SKPD Provinsi Bali.

Kegiatan yang bertema “Jambore Pasraman Tingkat Nasional V Tahun 2019 Sebagai Wahana Meningkatkan Kepekaan dan Solidaritas Untuk Kesadaran Generasi Muda Hindu dalam Tanggung Jawab Membangun Masa Depan Bangsa” tersebut diikuti oleh 1000 peserta dari 33 provinsi di Indonesia dengan kegiatan yang dilombakan diantaranya: Lomba Mantra Tri Sandhya, Lomba Kramaning Sembah, Lomba Yoga Asanas, Lomba Cipta Baca Puisi Keagamaan Hindu, Lomba Bercerita Keagamaan Hindu, Lomba Pelafalan Doa Sehari-hari, Lomba Outbound, dan Lomba Dharmawidya (Cerdas Cermat). Selain itu, dilaksakan juga kegiatan pendalaman/pembinaan dalam bentuk sarasehan.

“Jambore Pasraman diharapkan mampu menjadi media dalam menanamkan jiwa dan semangat kebersamaan, kepedulian, dan cinta tanah air serta semangat pengabdian kepada bangsa dan negara. Dengan demikian, peserta didik Pasraman kelak dapat tampil dalam barisan terdepan dan bertanggung jawab membangun masa depan bangsa ini menuju Indonesia yang lebih baik,” ungkap Lukman Hakim Saefuddin.

“Kami sangat senang terpilih menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Jambore Nasional Pasraman yang ke-5 oleh Ditjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI. Karena fasilitas kami seperti ballroom yang berkapasitas hingga 2000 delegasi dan 12 ruang pertemuan lainnya yang dapat menampung 20-200 tamu dapat memenuhi kebutuhan selama kegiatan berlangsung, ditambah dengan 258 kamar yang semuanya terisi penuh oleh panitia dan peserta acara tersebut. Sehingga acara-acara baik tingkat nasional maupun internasional dapat diselenggarakan di hotel kami,” imbuh Sony Bambang Suryo, General Manager Aston Denpasar Hotel & Convention Center. (rls/Ngurah Budi)

To Top