Sekitar Kita

“Wadul” Program Unggulan Sekretariat DPRD Jateng

Dalam rangka menjaga sinergitas   peran media dengan anggota legislatif, Sekretariat DPRD Bali mengadakan press tour ke Jawa Tengah, Jumat (3/5).

Rombongan yang diikuti para wartawan media cetak, elektronik, dan media online ini dipimpin Plt.  Kabag Umum I Gst Agung  Alit Wikrama dan Kadek Putra Suantara selaku Kasubag TU dan Kepegawaian Humas Protokol Sekretariat DPRD Bali.

Saat kunjungan ke sekretariat DPRD Jawa Tengah, rombongan dari Bali ini diterima Anif Maghfroh selaku Kasubag Publikasi fan Plt Protokol Sekretariat DPRD Jawa Tengah dan Ariel Noviandri dari tim analis media.

Dalam pertemuan tersebut terungkap, selama ini sinergitas media dengan pemerintah Jawa Tengah terjalin sangat baik.

Selain menyedikan satu ruangan di lantai 1 untuk para wartawan yang meliput,  ada satu tim IT dibentuk yang bertanggungjawab dengan publikasi setiap kegiatan dewan.
“Tim ini yang bertanggungjawab terhadap publikasi semua kegiatan dewan termasuk sharing berita ke medsos,” imbuh Anif.

Ia mengatakan, ada empat kegiatan yang telah dilakukan anggota DPRD Jawa Tengah untuk menjalin komunikasi dengan masyarakat yakni dengan ekpos atau dialog interaktif yang digelar tiap minggu sekali,  dialog prime time yang digelar tiap 2 minggu sekali, wedangan,  dan FGD.
“Semua kegiatan tersebut, dipublikasikan di media baik cetak, televisi dan online,” ujarnya.

Ia menyebutkan, tahun 2020 akan ada satu terobosan yang dilakukan dengan e wadul yakni semacam pengaduan masyarakat yang berbasis teknologi IT medsos.

Ia mengatakan, untuk layanan ini dikelola secara porfesional oleh tim analis media. Semua pengaduan masyarakat baik melalui fb, instagram dll ditampung kemudian dikomunikasikan untuk dicarikan solusinya.

Ia mengatakan, saat ini penguna media sosial di Indonesia sekitar 150 juta .  Sebagian besar diikuti oleh usia 19 s.d. 34 tahun atau sekitar 40 persen yang disebut kelompok milineal. “Kami berusaha menyesuaikan dengan dunia gaya milineal agar komunikasi pemerintah dengan masyarakar dapat berjalan dengan baik, ” kata Anif.

Ariel Noviandri menambahkan, selain memiliki website tersendiri, tim analis media juga menerbitkan majalah Mimbar Legislatif tiap 3 bulan sekali.

Alit Wikrama usai acara memaparkan kepada para wartawan, apa yang disampaikan oleh tim dari sekretariat DPRD Jawa Tengah sangat menarik. Ada satu unggulan yakni wadul yang juga akan direalisasikan di DPRD Bali.
“Ya nanti kita carikan namanya yang cocok mengadopsi dari sistem wadul ini. Kami akan buat lebih inovatif. Kami harap sepulang dari Semarang ini bisa segera menggodok program ini,” ujarnya. Wirati

To Top