Woman on Top

“Presentation”

‘Salam Senyum’

“Bolak balik dan bertele-tele. Saya jadi bingung dan tidak paham dengan penjelasan customer service tadi”.  Itulah kalimat yang keluar dari seorang pengantar pasien sebuah Rumah Sakit yang terlihat tidak puas dengan layanan yang diberikan oleh seorang Customer Service.

Pembaca setia ‘Dhani’s Art in Service’, tulisan saya sebelumnya sudah membahas tentang keterampilan apa saja yang harus dimiliki seorang pelaku layanan. Agar dapat menunjang pekerjaannya dengan baik. Diantaranya adalah communication skill (keterampilan berkomunikasi). Dan yang saya tulis adalah cara berkomunikasi yang baik dengan menambah keterampilan mendengarkan. (Silakan baca tulisan saya dengan judul ‘A Good Listener’).

Selanjutnya keterampilan yang tidak kalah pentingnya untuk menunjang keberhasilan menjadi seorang pelaku layanan yang baik adalah keterampilan presentasi atau ‘presentation skill’. It is the way you express yourself, your company and your product. Keterampilan inilah sebenarnya yang akan dapat mengekspresikan diri kita sendiri, perusahaan kita dan juga jasa atau produk yang akan kita jual. Bayangkan kalau seorang pelaku layanan tidak menguasai keterampilan ini. Bukannya malah membuat pelanggan tertarik dengan perusahaan, atau jasa dan produk yang kita jual. Bisa sebaliknya, membuat pelanggan bingung, tidak paham, salah pengertian, dan membuat mereka enggan untuk berhubungan lagi dengan kita.

Mendalami keterampilan presentasi sebenarnya tidak jauh beda dengan bagian dari materi yang biasa  saya ajarkan yaitu materi ‘Publik Speaking’. Dalam materi ini akan dijelaskan bagaimana kita dapat presentasi yang baik di hadapan orang lain. Untuk lebih mengkhusus prsentasi seorang pelaku layanan kepada pelanggan sebenarnya lebih sederhana. Karena dilakukan face to face. Bertatap muka langsung, atau berhadapan langsung dengan pelanggan.

Beberapa hal yang perlu dilakukan adalah pertama, informasi yang  kita sampaikan  harus ‘clear‘ atau jelas. Jelas dalam artian apakah kita sudah menggunakan kata-kata yang familiar. Apakah kita sudah menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pelanggan. Dan apakah kita sudah mengeluarkan hanya satu pendapat dalam setiap kalimat yang kita lontarkan.

Selanjutnya informasi yang kita presentasikan sebaiknya ‘concise’ atau ringkas. Seperti apakah kita sudah mengemukakan inti dari informasi tersebut. Apakah kita sudah mengeluarkan kata-kata secukupnya dan tidak bertele-tele. Apakah kita sebagai pelaku layanan dalam menyampaikan informasi telah menghindari kata-kata frase basa-basi yang tidak ada gunamya?

Selain jelas dan ringkas, dalam presentasi , informasi yang kita sampaikan  juga harus ‘courteus” atau sopan. Hal ini lebih kepada penggunaan kata-kata positif dan sopan. Tentu dapat dilakukan dengan memperbanyak’ magic word’ seperti ‘saya memahami, silakan, terima kasih, dan lain sebagainya. Dan biasanya kita sebagai pelaku layanan akan merasa senang mendengarkan  apa yang sudah kita katakan.

Hal lain yang dapat membuat presentasi kita berhasil adalah ketika penyampaian informasi kita lakukan dengan ‘concrete’ atau tegas/nyata. Diantaranya apakah kita sudah memberikan contoh yang detail dan konkrit tentang hal yang dibutuhkan pelanggan. Apakah kita sudah memberikan ilustrasi sehingga penjelasasan kita lebih terkesan nyata?

Apa saja selanjutnya yang dapat membuat keterampilan presentasi seorang pelaku layanan lebih baik lagi dan bagaimana contohnya? Ikuti tulisan saya di kolom ini pada episode selanjutnya… (bersambung)

Sudahkah para pelaku layanan di perusahaan kita memahami dan melakukan  hal tersebut di atas? Materi ini juga  terdapat dalam pelatihan dengan Sri Sumahardani Academy  dengan judul  ‘Serve With Love’ atau buku saya dengan judul ‘Service A La Carte’, serta materi-materi pelatihan yang lainnya,  seperti ‘Good Communication For Good Perfomance,’ ‘Great Personality,’ ‘Upgrade Your Selling Skill’  dan dua belas materi lainnya. Ingin mengetahui, memahami dan mengaplikasikan layanan ini di perusahaan/instansi Bapak/Ibu? Silakan hubungi kami, dan kami siap untuk membantu.

 

Salam 3SP

Salam Senyum Sang Penyihir

Sri Sumahardani

srisumahardani3sp@gmail.com

www.srisumahardani.com

To Top