Sekitar Kita

Gebrakan Dispora Bali, Tour The Nangun Kerthi

Tidak menunggu lama, Made Rentin Kalaksa BPBD Provinsi Bali yang baru saja dilantik sebagai plt. Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Bali segera tancap gas.

Setelah memulai hari pertama dengan rapat di internal, Selasa (16/4) ia mengundang awak media untuk beramah-tamah sembari membahas program Dispora ke depan.

Ia mengatakan, kegiatan unggulan dari Dispora Provinsi Bali belum banyak direspon generasi muda. Salah satunya Gita Bahana Nusantara, paduan suara yang akan tampil dalam peringatan detik-detik proklamasi di Jakarta. “Sampai hari ini (selasa 16 April) yang mendaftar 34 orang dan yang hadir hanya 26. Kami sebenarnya menargetkan minimal 50 orang. Mereka akan beradu di RRI Denpasar. Kemudian 4 besar akan dikirim ke Jakarta. Semua biaya ditanggung Dispora,” ujar Rentin.
Minimnya peserta membuat ia prihatin. Artinya, kata dia, kepedulian generasi muda masih kurang.

Ia berharap media bisa menjadi garda terdepan untuk menyampaikan informasi ini agar para generasi muda tertarik ikut. Apalagi masih ada waktu sampai tanggal 28 April. Semua pendaftaran secara online dan gratis.

Ia mengakui, Dispora baru dibentuk tahun 2017, sehingga masih baru atau muda dari segi usia, namun, ia optimis dengan semangat untuk tampil memperkenalkan dispora agar sejajar dengan OPD lainnya.

Ada program unggulan yang sedang digagasnya. Program Tour The Nangun Kerthi. “Konsepnya meniru yang sudah ada tapi tetap menunjukkan ciri khas di Bali yakni Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Tur ini akan mengkolaborasikan berbagai cabang olahraga mulai dari bersepeda di areal kota, kemudian bersepeda gunung, kemudian lari dan jalan santai keluarga,” kata Rentin.
Ia yakin, kolaborasi olahraga ini akan membuat waktu tinggal wisatawan di Bali akan lebih lama. Tentu saja hal ini, kata dia, juga mendongkrak perekonomian Bali.(ira).

To Top