Sekitar Kita

Made Rentin: Merangkap Tugas Berat Sekaligus Mulia

Sesuai Surat Perintah (Seprin) Nomor 5798 Tahun 2019, terhitung sejak tanggal 10 April 2019 disamping jabatannya sebagai Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Bali, juga ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga, sampai dengan ditetapkannya Pejabat Definitif.

Itulah penegasan yang tertuang dalam Seprin yang ditanda tangani oleh Gubernur Bali Wayan Koster, sebagai tindak lanjut dilakukan mutasi pejabat lama Kadispora (Boy Jayawibawa) yang hari Rabu tanggal 10 April yang lalu dilantik sebagai Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bali yang lowong hampir 2 bulan, bersamaan 11 JPT (Esl 2) hasil lelang terbuka.

Tidak menunggu lama, Rentin yang definitif sebagai Kalaksa BPBD Provinsi Bali terhitung masih seumuran jagung, baru 2 bulan pada posisi eselon 2 (dilantik 6 Pebruari 2019 yang lain), langsung tancap gas.

Diawali dengan hari Senin 15-4-2019, Plt. Kadispora mulai beraksi dengan mengumpul semua pejabat struktural untuk melakukan konsolidasi internal terkait pelaksanaan tugas strategis dan agenda penting baik lokal (daerah), nasional, maupun agenda olahraga bertaraf internasional yang dilaksanakan di Bali.

Saat rapat internal itu, tiap bidang dan PPTK (Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan) diminta melakukan paparan singkat terkait program dan kegiatan, jadwal pelaksanaan, serta kendala apa yang dihadapi.

Tugas pimpinan adalah menemukenali dan mengurai serta mencari solusi / jalan keluar jika ditemukan masalah dalam organisasi yang dipimpinnya. Ibarat seorang dokter, di awal melakukan diagnosa terhadap pasien, apa keluhan, sakit apa, sudah berapa lama, sehingga TEPAT didalam melakukan tindakan medis dan memberikan obat. Jangan sampai salah kasih obat, sakit di kepala diobatinya di kaki, tentu tidak tepat.

Setelah rapat internal, Rentin langsung memimpin rapat lanjutan menerima kunjungan dari Kementerian Pemuda & Olahraga, yaitu Plt. Asisten Deputi (Asdep) Industri dan Promosi Olahraga, (Sandi Suwardi Hasan), yang akan mengadakan acara *”Diklat Tenaga Teknis Manajemen Promosi & Pemasaran Industri Olahraga,”* tanggal 30 April sampai dengan 4 Mei 2019 bertempat di Fhasion Hotel Legian.

Bali merupakan Provinsi ketiga yang dipilih sebagai tempat pelaksanaan Diklat dimaksud, yang menyasar pelaku industri olahraga dan juga personil (aparatur/pegawai) yang bertugas di Dinas Kepemudaan dan Olahraga.

Sandi Suwardi yang hadir di Bali didampingi dua orang staf itu, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) pelaku industri olahraga agar lebih berkualitas, terampil & profesional.

Pada akhir pertemuan tersebut, Rentin menegaskan sikap dan komitmen Dispora Provinsi Bali bahwa memberi apresiasi dan menyatakan kesiapan memberikan dukungan baik dari sisi personil maupun sarana prasarana yang dibutuhkan dalam kegiatan itu. “Sebuah kehormatan bagi Bali, yang dipilih sebagai tuan rumah, yang tentunya akan banyak memberi dampak positif bagi sektor ekonomi dan masyarakat secara luas, ” pungkas Rentin. (rtn/01).

To Top