Buleleng

Miss Pure International UK Kunjungi Buleleng

Miss Pure International United Kingdom belajar tari Truna Jaya

 

Guna mempromosikan pariwisata Kabupaten Buleleng ke mancanegara, Miss Pure International United Kingdom (UK) mengunjungi tiga daerah tujuan wisata (DTW). Tiga DTW tersebut berlokasi di Kecamatan Sawan yaitu Monumen Jagaraga, Pura yang ada di Desa Jagaraga dan kerajinan tenun di Desa Sinabun.

Hal tersebut terungkap saat Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Ir. Nyoman Sutrisna, M.M. bersama dengan Miss Pure International United Kingdom, Heater Rosemary Lloyd menggelar pertemuan dengan awak media di Krisna Beach Street, akhir pekan lalu.

Nyoman Sutrisna menjelaskan dengan tiga lokasi yang telah dikunjungi, Miss Pure International ini memiliki suatu kesan yang sangat positif. Banyak tradisi yang ada di Kabupaten Buleleng. Selain itu, Miss Pure International mengatakan Buleleng itu sangat indah. “Ini menjadi kesan yang positif untuk kemajuan pariwisata di Kabupaten Buleleng,” jelasnya.

Mantan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Buleleng ini mengatakan dirinya berharap dengan kedatangan Miss Pure International ini bisa mempromosikan Pariwisata di Kabupaten Buleleng pada momen tertentu. Heater Rosemary Lloyd yang berasal dari London, Inggris ini juga sudah berjanji untuk mempromosikan pariwisata di Kabupaten Buleleng tidak hanya kepada warga Inggris saja melainkan wisatawan yang lain seperti AS dan asia. “Karena dia bilang sering jalan-jalan sehingga bisa membantu promosi,” ujar Nyoman Sutrisna.

Sementara itu, Heater Rosemary Lloyd menyebut selain untuk promosi pariwisata, juga untuk kampanye kepedulian terhadap lingkungan, penanganan sampah dan yang paling penting adalah kampanye pengurangan penggunaan plastik. Hal tersebut didasari oleh pada tahun 2020 di Eropa plastik termasuk sedotan sama sekali tidak boleh digunakan. “Yang saya maksud adalah saya ingin membawa semangat itu juga ke Indonesia, Bali khususnya Buleleng dan juga saya akan promosikan apa yang saya lihat tadi ke wisatawan,” sebutnya.

Rosemary menambahkan yang paling disukai adalah Tari Trunajaya. Dirinya berharap agar Tari Trunajaya dibawa untuk promosi pariwisata di Kabupaten Buleleng. Ia juga akan mengundang dan promosikan pariwisata Kabupaten Buleleng kepada wisatawan yang hendak berbulan madu. “Mungkin interaksi di Youtube bagaimana cara menari Trunajaya dan saya akan promosikan juga kepada wisatawan tidak hanya yang suka ke pantai saja melainkan yang hendak berbulan madu,” tandasnya.

Program ini merupakan program Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang diteruskan kepada Gubernur Bali, Wayan Koster untuk selanjutnya diteruskan ke Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana dan didelegasikan ke Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng. (Wiwin Meliana)

To Top