Buleleng

Pelaku IKM Didorong Tingkatkan Kualitas Produk melalui Inovasi

Berbagai upaya dilakukan untuk pengembangan industri kerajinan di Buleleng. Salah satu dengan menggelar pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan kemampuan pengrajin untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan. Melalui pelaksanaan bimbingan teknis, Dekranasda mengharapkan kepada para pelaku IKM untuk berani berinovasi sehingga menambah nilai kerajinan untuk dipasarkan.

Bimbingan Teknis (Bimtek) Produksi dan Kewirausahaan Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Buleleng resmi dibuka oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Buleleng Ny. Aries Suradnyana ditandai dengan  pemukulan gong bersama Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Buleleng Drs. Ketut Suparto,M.MA, Rabu (30/1) di Hotel Puri Saron Buleleng.

Bimtek diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari 20 orang perajin bambu, 20 orang pandai besi dan 20 orang perajin ukiran kayu serta 3 instruktur untuk 3 kelompok perajin. Sebelumnya mereka telah mendapatkan bantuan dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Buleleng seperti, bantuan alat tenun, bantuan untuk membuat kopi, dan bantuan untuk membuat gula semut. “Tentunya kita harus berterima kasih dan tinggal melaksanakan serta ditambah lagi dengan dorongan para instruktur yang ada guna melakukan berbagai terobosan,” ungkap Suparto

Dalam kesempatan ini juga, dalam sambutannya Suparto meyampaikan khususnya pada IKM yang bergerak pada anyaman bambu, pandai besi dan ukiran kayu ini agar mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh. “Melalui instruktur-instruktur yang professional kedepannya mampu meningkatkan kewirausahaannya dan juga meningkatkan produksi serta kualitas produk,”paparnya.

Sebagaimana program pemerintah provinsi dan kabupaten sedang menggalakan UMKM-UMKM di Buleleng khususnya IKM perlu diberdayakan melalui upaya-upaya seperti Bimtek ini. Demikian melihat pentingnya kegiatan ini diharapkan kepada seluruh peserta untuk menimba ilmu dengan para instruktur guna meningkatkan kualitas kerajinannya.

Pada pembukaan Bimtek yang difasilitasi oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia ini, juga dihadiri oleh Kepala Subdirektorat IKM Barang dari Kayu dan Furniture (PBKF) Tri Harsono, S.Kom, M.M. serta anggota Komisi VI DPR RI Giantara, S.IP. (Wiwin Meliana)

To Top