Metropolitan

Via Vallen Pernah Diejek Manggung Pakai Baju Murahan

Meniti karier di industri hiburan sungguh tidak mudah. Modal suara bagus saja tidak cukup. Itu dirasakan benar oleh Via Vallen yang meniti karier di dunia menyanyi sejak berusia 15 tahun. Persaingan sangat ketat, mendapatkan peluang untuk tampil pun susahnya minta ampun. Via menjalani semua itu.

Prosesnya menjadi penyanyi yang bisa dikenal luas oleh masyarakat, sungguh luar biasa. Bagi Via yang bernama asli Maulidia Octavia, semua itu merupakan proses pembelajaran. Ia tetap berusaha tegar, tidak berkecil hati. Sebaliknya, tetap bekerja keras. Tidak ada keberhasilan tanpa kerja keras. Itulah yang diyakini pelantun tembang ‘Selingkuh’ ini.

Yang namanya dicela atau diejek, kata Via, bukan yang aneh dan tak perlu dimasukkan ke hati. Suatu ketika, Via bercerita, dirinya pernah diejek soal bajunya yang dianggap murahan dan tidak layak dipakai untuk perform. Menerima ejekan itu, Via mengaku tetap santai.

“Zamannya penyanyi dangdut berpakaian glamour, bergaun dan modis sesuai eranya, tapi aku malah memakai t-shirt. Gara-gara itu, ada yang sempat ngatain, ‘Ini baju murahan harga 10 ribuan beli di pasar, dan biasa dipakai untuk tidur bukan untuk perform,” tutur gadis kelahiran 1991 itu menceritakan kembali kisah sedihnya beberapa tahun lalu.

Zaman dulu, tutur bintang iklan ‘White Coffie’, ini, dikasih lagu apa pun pasti dia berusaha menyanyikannya. Meski, kadang merasa lagu itu tidak enak, ia tetap berusaha untuk bisa menyanyikannya dengan baik.
“Yah..itu zaman perjuangan, benar-benar perjuangan. Dikasih lagu apa saja ya sikaaat (nyanyikan). Kalau nggak bisa, ya (harus) belajar. Kalau dikasih lagu yang saya rasa nggak enak, ya tugas aku sebagai penyanyi untuk bagaimana caranya agar lagu itu bisa enak didengar. Jadi begitulah masa perjuangan dulu,” ungkapnya.

Kejadian-kejadian itu, kata Via, diingatnya sampai kini. “Aku nggak masukin di hati, cuma inget aja masa-masa itu,” ucapnya. Hidup ini, lanjutnya terus berproses. Kita tidak pernah tahu bagaimana nasib kita ke depannya. “Yang penting, apapun permasalahan yang dihadapi, kita tidak mudah menyerah, dan tetap positive thinking,” katanya.

Kerja kerasnya tak sia-sia. Sikap pantang menyerah dan berusaha positive thinking inilah yang pada akhirnya mengantar Via Vallen meraih mimpinya menjadi penyanyi terkenal. Seusai meluncurkan single pendana ‘Selingkuh’, Via yang juga dikenal sebagai ‘Ratu Pop Koplo’, kemudian merilis tembang ‘Sayang’ pada 2017 yang membuat namanya dikenal luas oleh masyarakat.

Sejak itu nama Via pun terus meroket. Apalagi ia pun berhasil meraih sejumlah penghargaan bergengsi di industri musik, salah satunya adalah SCTV Music Awards 2017 kategori ‘Penyanyi Dangdut Paling Ngetop’. Dan nominasi ‘Silet Award 2018’ serta ‘Anugerah Dangdut Indonesia 2018’. (Diana Runtu)

To Top