Metropolitan

Bebasnya Ahok Disambut Sukacita Para Pendukungnya

Bebasnya mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Kamis (24/1) ini disambut suka cita para pendukungnya. Berbagai ucapan selamat mengalir dari berbagai kalangan, tak terkecuali para artis. Salah satunya adalah Dewi Persik yang mengaku sebagai pendukung fanatik dari Ahok.

“Alhamdulilah Pak Ahok bebas,” kata Dewi Persik dengan wajah semringah. Menurut Dewi, dirinya adalah fans berat Ahok. Dia sangat suka sosok Ahok yang tegas demi kebaikan. “Sampai kapanpun aku tetap sayang sama Pak Ahok. Dia berbeda dari tokoh lainnya. Dia orang yang tegas, bertanggung jawab,” ujar Dewi.

Terkait penyambutan kebebasan Ahok, sebenarnya pria kelahiran Juni 1966 ini sudah melarang para pendukungnya untuk melakukan penyambutan, apalagi sampai menginap di depan Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua Depok, Jawa Barat. Namun, agaknya sebagian masyarakat penasaran dan ingin menjadi saksi langsung pembebasan Ahok.

Sejak Rabu (23/1) malam sejumlah pendukung Ahok telah berkumpul di depan Rutan Mako Brimob, tempat Ahok menjalani masa penahanan. Mereka antara lain membuat acara menyalakan lilin menyambut pembebasan Ahok.

Sebelumnya lewat surat, selain mengimbau agar tidak membuat cara penyambutan kebebasannya di depan Rutan Mako Brimob, ia juga menyampaikan maaf pada semua pihak, baik pada Ahokers maupun mereka yang pernah tersakiti olehnya baik disengaja maupun tidak disengaja.

Ia juga menyatakan rasa syukurnya bisa hidup di penjara. Menurutnya banyak hal yang dipelajarinya selama menjalani masa hukuman. Salah satu yang utama adalah ia belajar mengendalikan diri. Ia menyadari dirinya yang kerap emosi dan itu tidak baik. Dia bersyukur tidak terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta karena jika terpilih lagi dirinya akan semakin arogan, kasar dan menyakiti hati banyak orang.

Tidak seperti informasi yang beredar bahwa Ahok menghirup udara bebas setelah ditransfer ke Lapas Cipinang, Jakarta Timur. Karena memang sesungguhnya status Ahok adalah napi Lapas Cipinang yang dititipkan ke Rutan Mako Brimob. Kalapas Cipinang Andika memastikan Ahok mengirup udara bebas dari Rutan Mako Brimob tempatnya selama ini menjalani masa hukuman.

Ahok dijebloskan ke penjara setelah hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara memutuskan menjatuhkan hukuman 2 tahun penjara pada 9 Mel 2017 karena terbukti melanggar Pasal 156 KUHP tentang Penodaan Agama. Ahok telah menjalani 1 tahun 8 bulan 15 hari, dia mendapat remisi 3,5 bulan.

Kabar yang beredar, setelah dibebaskan, Ahok akan langsung terbang ke tanah kelahirannya, Bangka Belitung. Belum diketahui berapa lama Ahok akan berada di sana. Namun rumor yang beredar, Ahok akan sibuk wara-wiri untuk mengurus rencana pernikahannya yang bakal di gelar dilokasi yang masih disembunyikan. (Diana Runtu)

To Top