Buleleng

Pemkab Buleleng Gelar Bimtek Penguatan Aparatur Desa

Dalam rangka penguatan aparatur desa, Pemkab Buleleng melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Buleleng menggelar bimbingan teknis pengelolaan keuangan desa. Bimtek diberikan kepada kelian banjar/kepala dusun se-kecamatan Seririt di Ruang Rapat Unit IV Kantor Bupati Buleleng, Selasa (22/1).

Bimtek ini dipimpin Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Buleleng, I Made Subur, S.H. didampingi Kasubag Keuangan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa  Kabupaten Buleleng, Madong Hartono.

Subur menyampaikan, bimbingan teknis yang berlangsung tanggal 21 sampai dengan 30 Januari ini dilaksanakan dalam rangka penguatan kapasitas penyelenggara pemerintahan desa. Kepala dusun merupakan bagian unsur dari perangkat desa harus memahami tugas pokok fungsi sehingga pembangunan di desa dapat berjalan sesuai diharapkan.

“Kegiatan ini dilaksanakan agar para perangkat desa dalam hal ini para kadus dapat memahami fungsinya dalam aparatur desa serta mengerti apa-apa saja yang mesti mereka lakukan,” katanya.

Subur juga mengajak kepada para kadus agar dalam melakukan pekerjaan dalam sebuah tugas sebagai perangkat desa agar mempunyai prinsip 5 K yakni, komunikasi, komitmen, koordiansi, keterbukaan, dan kerjasama  selain itu juga harus Siap  yaitu selalu bersyukur dalam  lakukan pekerjaan dengan iklas,  amanah dan profesional.

“Untuk kadus yang ada di desa ini mereka harus membangun dengan  berkomunikasi serta berkomitmen menjadi kadus  kemudian melakukan koordinasi jika ada masalah di dusun  harus berkoordinasi dengan perbekel, lebih lanjut keterbukaan dan kerjasama yang di desa merupakan satu kesatuan dalam upaya membangun desa yang lebih baik,” ucapnya. (Wiwin Meliana)

To Top