Sekitar Kita

Solusi Cerdas Memaksimalkan Paket Data

Dunia dalam genggaman bukan hanya slogan saja. Ini sudah menjadi realita. Semua hal bisa dilakukan hanya dengan satu gadget di genggaman. Namun, seringkali konsumen lupa, bukan hanya gadget saja yang melancarkan semuanya. Kuota data juga harus diperhatikan agar jangan sampai kelimpungan.

Wajah Ragnala agak cemberut. Ia tak bisa melanjutkan permainan PUBG di ponselnya. Setelah dicek, ternyata kuota data yang dijatahkan untuk sebulan, sudah habis di minggu kedua. Ini bukan pertama kali siswa kelas VI ini kehabisan paket data. Kalau data sudah habis, ia pun beralih dengan menonton YouTube secara offline.

“Kami sudah sering mengingatkan agar kuota jangan hanya dipakai untuk bermain games dan nonton YouTube. Kalau mau mengunduh, lakukan saat berada di tempat yang ada free wifi. Nanti di rumah tinggal menonton saja,” ungkap Dewi, ibu Ragnala. Dalam sebulan, Ragnala dijatah paket data 6 GB .

Pengalaman Sueca lain lagi. Ia kerap kali merasa kebanyakan membayar tagihan ponselnya. “Sebulan saya bisa bayar sampai Rp 300 ribu. Padahal pakainya hanya untuk WA dan sesekali nonton YouTube,” ujar karyawan perusahaan swasta ini.

Sueca pun mencari informasi dari temannya tentang solusi agar bisa lebih murah dalam berkomunikasi. Ia pun disarankan untuk menggunakan paket data Telkomsel yang didalamnya sudah termasuk paket SMS dan paket menelepon. Pilihan kuotanya disesuaikan dengan keperluan.

Dalam rangka mengakselerasi perkembangan ekosistem digital di Indonesia yang berbasis pilar  Device, Network, and Application (DNA), Telkomsel pun meluncurkan paket bundling “TAU LITE6” bagi pelanggan baru pengguna smartphone android yang memiliki stiker khusus Paket TAU LITE6 dan untuk pelanggan lama yang mendapatkan SMS penawaran program dengan pembelian smartphone 4G.  Paket ini juga dihadirkan untuk memberikan pengalaman digital lifestyle terbaik bagi pelanggan di jaringan 4G Telkomsel sesuai dengan minat dan hobinya.

EVP Telkomsel Area Jawa Bali, Agus Setiabudi mengatakan paket bundling TAU LITE6 merupakan perwujudan komitmen Telkomsel dalam membangun ekosistem digital yang lengkap. “Tidak hanya menggelar jaringan broadband berkualitas hingga pelosok nusantara, kami juga memperluas penetrasi smartphone serta beragam aplikasi dan layanan digital berkualitas. Melalui kolaborasi dengan beberapa mitra distributor seperti Oppo, Advan, VIVO, Samsung dan  Blaupunkt  sebagai penyedia berbagai perangkat seluler yang canggih dan berkualitas, pelanggan dapat memiliki banyak pilihan perangkat sesuai dengan kebutuhan mereka,” ujarnya.

Dalam paket “TAU LITE6”, Telkomsel menyediakan kuota data besar hingga 72 GB selama satu tahun, yaitu sekitar 6 GB perbulan untuk mengakomodasi berbagai minat pelanggan dalam menggunakan layanan data, seperti bermain games, menyaksikan pertandingan olahraga, memanfaatkan media sosial Instagram dan Facebook, berselancar dengan layanan data maupun menonton film pilihan. Hal ini sesuai dengan visi Telkomsel sebagai telco digital company, yaitu menjadi penyedia layanan dan solusi gaya hidup digital mobile kelas dunia yang terpercaya.

Selain memberikan kuota data besar yaitu senilai 6 GB perbulan, Paket TAU LITE6 juga memberikan layanan 100 menit nelpon dan layanan 500 SMS secara gratis setiap bulan yang dipergunakan untuk komunikasi  ke sesama pelanggan Telkomsel, dan paket ini berlaku selama 12 bulan.

Agus Setiabudi menambahkan dari hasil penelitian Telkomsel, rata-rata orang Indonesia menghabiskan data antara 3,5-5 GB per bulan. “Kalau sekarang ada paket 6 GB, itu artinya sudah lebih dari rata-rata. Sekarang tergantung bagaimana konsumen mengatur penggunaan kuotanya,” ujar pria yang akrab disapa ASB ini.

Ketika ditanya apa yang membuat kuota cepat habis, ASB memperkirakan karena pelanggan sering berselancar di media sosial serta sering membuka YouTube tetapi belum selesai sudah pindah channel.

Ia mempersilakan pelanggan juga dapat melakukan pengecekan sisa penggunaan kuota layanan dalam paket ini dengan mengakses aplikasi MyTelkomsel yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store bagi pengguna perangkat Android dan Apple App Store bagi pengguna perangkat Apple.

1800 BTS 4G

GM ICT Operation Telkomsel Regional Bali Nusra, Henry Ganda Purba  menambahkan, untuk mendukung pelanggan dalam menikmati beragam layanan data Telkomsel, hingga kini pertumbuhan BTS 4G di wilayah Area Jawa Bali mencapai lebih dari 128% dan lebih dari 141% secara nasional. “Kami terus melakukan perbaikan network dengan melakukan moderninsasi. BTS 4G di Bali sudah ada 1800. Kecepatannya sudah 10,5 Mbps. Ini hasil pengecekan Google yang membuktikan dukungan jaringan yang andal,” jelasnya.

Sementara itu GM Sales Telkomsel Regional Bali Nusra, Anandoz Bangsawan  mengatakan pertumbuhan pelanggan data Telkomsel di wilayah Area Jawa Bali mencapai angka lebih dari 33% dan lebih dari 32% secara nasional. Sementara pertumbuhan bisnis digital Telkomsel di wilayah Area Jawa Bali mencapai angka lebih dari 60% dan secara nasional pertumbuhannya lebih dari 40%.

“Hingga kini jumlah pelanggan data Telkomsel wilayah Bali Nusra mencapai lebih dari 3 juta pelanggan, yang terdiri dari 850 ribu jumlah pelanggan data di Bali, lebih dari 750 ribu pelanggan data di wilayah NTB dan sekitar 1,4 juta pelanggan data di wilayah NTT. Adapun jumlah pelanggan digital Telkomsel wilayah Bali Nusra mencapai lebih dari 2,4 juta pelanggan, di mana jumlah pelanggan digital di wilayah Bali sekitar 500 ribu, jumlah pelanggan digital di wilayah NTB sekitar 600 ribu pelanggan dan jumlah pelanggan digital di wilayah NTT mencapai 1,3 juta pelanggan,” ungkap pria yang akrab disapa Andoz ini. (Ngurah Budi)

Paling Populer

To Top