Sekitar Kita

Aksi Baksos Praja IPDN dengan IKAPTK

Praja (Mahasiswa) Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Utusan Provinsi Bali bersinergi dengan Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Provinsi Bali, melaksanakan kegiatan Trakorps (Tradisi Korps) secara rutin di saat cuti/libur akhir tahun.

Berbagai kegiatan sosial mengisi agenda Trakorps tahun 2018 ini, diantaranya : Hari Minggu (23/12) dilakukan penyerahan bantuan 50 (lima puluh) paket sembako kepada Para Sulinggih, Keluarga Kurang Mampu dan Kelompok Disabilitas, dengan mengambil lokasi di Desa Bubunan, Kecamatan Seririt, Buleleng.

Salah seorang Sulinggih penerima bantuan, Ida Pedanda Udiana Sandi Kemenuh, dari Griya Paneraga, Desa Patemon, Seririt – Buleleng, menyampaikan rasa terima kasih kepada para mahasiswa (Praja) IPDN yang sudah peduli terhadap para Rohaniwan.

Disisi lain, Camat Seririt I Nyoman Riang Pustaka yang juga merupakan purna (sebutan bagi lulusan APDN/STPDN/IPDN) angkatan 05 tamat tahun 1997 di Jatinangor, Sumedang – Jawa Barat mengatakan, atas nama pemerintah daerah ia menyampaikan apresiasi kepada Praja IPDN yang telah melakukan kegiatan bhakti sosial di wilayahnya dengan menyasar beberapa kelompok masyarakat.
Riang berharap, semoga kegiatan seperti ini dapat berlanjut pada tahun-tahun berikutnya.

Selanjutnya pada hari Sabtu (29/12) dilaksanakan aksi donor darah bertempat di Lapangan Bajra Sandi, dengan menyasar Praja IPDN, Purna Praja, dan masyarakat umum.

Ketua IKAPTK Provinsi Bali Drs. Dewa Made Indra, M.Si. didampingi oleh Wakil Ketua Nyoman Sunarya dan Sekretaris IKAPTK Made Rentin, berkesempatan hadir dan menyaksikan secara langsung kegiatan Donor Darah tersebut.

Ketua IKAPTK yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali ini menjelaskan, kegiatan Bhakti Sosial Praja IPDN bersinergi dengan IKAPTK Provinsi Bali bertujuan untuk mengimplementasikan semangat pengabdian masyarakat sebagai salah satu tujuan pendidikan tinggi kepamong prajaan. “Kami diarahkan, dilatih, dididik dan dibina untuk mendedikasikan diri sebaik-baiknya untuk pemerintah dan masyarakat, Induk Kampus kami yaitu Kementerian Dalam Negeri berharap Purna Praja harus menjadi bibit-bibit yang terbaik dalam pemerintahan, harus menjadi inovator, motivator dan insan-insan yang terbaik yang bisa memberikan contoh dan teladan bagi penyelenggaraan pemerintahan,” tegas Dewa Indra.

Lebih lanjut Dewa Indra memberi apresiasi kepada masyarakat umum yang turut serta dalam melakukan donor darah, karena sumbangan mereka sangat berharga, ” Seperti pepatah mengatakan, setetes darah untuk kehidupan dan kemanusiaan,” imbuhnya.

Ketua Panitia I Gede Angga Praba Utama, Nindya Praja (Mahasiswa Tingkat III IPDN) saat temui ditengah-tengah kesibukan memimpin kegiatan Donor Darah Sabtu pagi (29/12) di sisi selatan lapangan Bajra Sandi memaparkan, kegiatan Trakorps ini merupakan yang ke – 14 bagi Praja Utusan Bali, secara rutin dilaksanakan 2 (dua) tahun sekali. “Tahun 2018 ini merupakan Trakorps yang ke-14 dengan berbagai agenda kegiatan sosial yaitu penyerahan bantuan sembako, gerakan kebersihan lingkungan di Pura Lempuyang, aksi donor darah, dan malam hari akan ditutup dengan acara keakraban/hiburan,” terang Angga, sapaan akrab Madya Praja itu. (rtn)

Paling Populer

To Top