Buleleng

PLN Serahkan Curik Bali ke TNBB

Penyerahan Bantuan Burung Curik dan CSR Kepada Desa Sumber Kelampok dan NTBB

Penyerahan Bantuan Burung Curik dan CSR Kepada Desa Sumber Kelampok dan NTBB

 PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali UP3 Bali Utara ULP Gilimanuk  melaksanakan penyerahan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) tapal batas Desa Musi-Penyabangan sebesar  Rp 40 juta dan kepada Balai Taman Nasional Bali Barat dengan menyerahkan bantuan berupa  4 ekor burung Curik Bali dan kandang burung senilai Rp 50 juta, yang dilaksanakan di Kantor Desa Sumberklampok Kecamatan Gerogak, Rabu (19/12).

Penyerahan bantuan ini dilakukan David Ramadian, Kepala ULP Gilimanuk dan Perwakilan dari Balai Taman Nasional Bali Barat yang diterima langsung oleh Kepala Bappeda Kabupaten Buleleng Ir. Gd. Darmaja, M.Si serta Camat Gerogak Made Juartawan yang disaksikan oleh Kelian Dinas dan Kelian Adat di wilayah Desa Sumberkelampok.

David Ramadian mengatakan bantuan ini diharapkan dapat mendukung terwujudnya kawasan ekowisata. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kerjasama antara pihak PLN dengan TNBB untuk menjamin terwujudnya kelestarian dan keanekaragaman hayati yang nantinya bisa meningkatkan ekonomi kerakyatan melalui terbentuknya ekowisata.

Sebagaimana tertuang di dalam Peraturan Daerah Kabupaten Buleleng  N0.7 Tahun 2017 tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan sosial atau Corporate Social Responsibility.  Melalui Perda ini mendorong perusahaan untuk berpartisipasi dalam rangka meningkatkan kesejahteraaan masyarakat dan pembangunan di daerah serta mengoptimalkan peran serta masyarakat terutama pelaku usaha dalam mendukung percepatan pembangunan di daerah.

Bupati Buleleng dalam sambutan yang dibacakan Kepala Bappeda Kab. Buleleng menegaskan bahwa pembangunan di segala bidang yang dilaksanakan bukanlah dominasi pemerintah semata. Keterlibatan swasta, BUMN dan masyarakat sangat diharapkan kontribusinya dalam pembangunan daerah. “Pembangunan di Bali Utara tidak semata-mata hanya tanggung jawab pemerintah tetapi keterlibatan pihak swasta, BUMN dan masyarakat juga sangat dibutuhkan,” jelasnya.

Bantuan CSR adalah salah satu bentuk kontribusi dunia usaha dalam pembangunan dan sebagai komitmen dari dunia usaha untuk membangun daerah. Melalui bantuan ini pihak diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan tapal batas antara desa Musi–Penyambangan, serta dengan adanya pelepasliaran Curik Bali mampu menggugah masyarakat untuk bersama-sama melestarikan keberadaan Curik Bali di sekitar desa yang berada dekat dengan kawasan Taman Nasional Bali Barat. (Wiwin Meliana)

 

 

To Top