Buleleng

Bupati PAS Dorong Peningkatan Kualitas Buah Lokal

Tatap muka Bupati PAS dengan petani di Kecamatan Sawan

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana menemui petani manggis dari tiga desa di Kecamatan Sawan. Tatap muka dengan petani ini berlansung setelah Bupati PAS menghadiri persembahyangan bersama pada acara Ngenteg Linggih Mamungkah Mendem Pedagingan Padudusan Dadia Pasek Gelgel di Desa Galungan, Kecamatan Sawan, Rabu (12/12).

Ketiga Kelompok Tani tersebut adalah Kelompok Tani Giri Sari Desa Sekumpul, Kelompok Tani Pala Sari Desa Galungan, dan Kelompok Tani Mekar Sari Desa Lemukih. Bupati Agus Suradnyana mengatakan dengan dilaksanakannya tatap muka kepada para petani manggis ini, dirinya bisa berdiskusi langsung mengenai upaya-upaya yang dilakukan untuk mendorong kualitas dan kuantitas buah lokal yang ada di Buleleng. Dengan cara ini, pertanian di Buleleng bisa dikembangkan lebih serius lagi. “Saya senang sekali bisa bertatap muka langsung dengan para petani di sini, karena ini merupakan cara saya kedepan untuk lebih serius mengurus bidang pertanian,” ungkap Agus Suradnyana.

Saat ini sudah ada Pergub tentang pemanfaatan buah-buah lokal. Bupati Agus Suradnyana berharap buah-buah lokal yang ada khususnya di tiga desa ini seperti buah manggis, durian, dan leci agar lebih dikembangkan lagi kualitasnya, karena Buleleng adalah home base-nya pertanian di Provinsi Bali. “Ada secercah harapan yang luar biasa dalam diri saya, karena Buleleng adalah home base pertanian di Provinsi Bali, maka dari itu mari kita siapkan semuanya dari sekarang.” imbuhnya.

Pada kesempatan itu turut hadir Pemilik PT Bali Organik Subak (BOS) Anak Agung Weda Tama. Disela-sela acara tatap muka, Agung Weda mengatakan Pemkab Buleleng melalui Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng  akan menstimulasi pertanian untuk dibuatkan pasar buah lokal yang berkualitas tinggi karena Pergub Bali saat ini membuat kebijakan tentang hotel dan restoran di Bali agar menggunakan buah-buahan lokal. “Petani diminta agar serius mengelola kebun-kebun manggisnya, dari hulu pembibitan, pemupukan, pemeliharaan, panen dan pasca panen,” papar Agung Weda.

Dalam acara ini, Bupati Buleleng Agus Suradnyana didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian Ir. Nyoman Genep, MT, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Drs. Gede Sugiartha Widiada, M.Si, Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Buleleng Ketut Suwarmawan, S.Stp., MM, Kabag Umum Setda Kabupaten Buleleng Ir. I Made Sumiarta, serta Camat Sawan Drs. I Gusti Ngurah Suradnyana. (Wiwin Meliana)

 

To Top