Sekitar Kita

Kunjungan Humas Sekretariat DPRD Bali ke Pemprov Jawa Barat

Dari kiri: Akhmad Taufiqurrachman, Poppy Purbawati, I Gusti Ngurah Alit, dan I Gusti Agung Wikrama.

Jabar Quick Response merupakan salah satu terobosan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Program yang diluncurkan Bulan September 2018 oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil  ini,  merupakan sistem aduan masyarakat yang bisa memberikan solusi atau pertolongan pertama bagi permasalahan yang bersifat kemanusiaan dan darurat.  Demikian disampaikan Kabag Pelayanan Media dan Informasi Biro Humaspro Setda Provinsi Jawa Barat, Poppy Purbawati, saat menerima kunjungan rombongan humas dan awak media dari Bali yang tergabung dalam Forum Wartawan DPRD Bali,  Kamis (6/12), di Kantor Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Bandung.

Poppy menambahkan, warga yang ingin melapor cukup menghubungi nomor aduan atau bisa juga menghubungi lewat sejumlah akun media sosial. Adapun waktu penyelesaian aduan disesuaikan berdasar skala prioritas masalah. Saat ini Jabar Quick Response memiliki ribuan relawan di seluruh wilayah Jawa Barat yang akan menindaklanjuti aduan masyarakat. “Sampai saat ini sudah ada 22 ribu pengaduan yang masuk. Dari aduan ini dipilah-pilah untuk segera ditangani,” ujarnya, yang didampingi Kepala Sub Bagian Pelayanan Informasi, Akhmad Taufiqurrachman.

Ia mengatakan, saat ini sudah ada 6 kabupaten/kota di Jawa Barat yang memiliki sistem respon cepat aduan masyarakat ini.Tahun 2019 diharapkan semua kabupaten/kota di Jawa Barat sudah memiliki sistem pelayanan ini.

Selain Jabar Quick Response, ada juga porgram Japri sebagai bentuk keterbukaan informasi. Jabar Punya Infromasi atau yang disingkat Japri ini diadopsi dari acara Bandung Menjawab yang diprakasai oleh Ridwan Kamil saat menjabat Walikota Bandung.  Dalam Japri ini selain ada penyampaian informasi,  ada juga live musik, dan juga minum kopi sebelum dimulai. Kopi yang dihadirkan  kopi asli Jawa Barat. Hal ini dilakukan agar para awak media mengetahui jika Jabar kaya akan jenis kopi.

Sekwan DPRD Bali I Gusti Ngurah Alit sangat menyambut baik informasi yang disampaikan Poppy Purbawati. Ia berharap, kunjungan para awak media dan staf humas DPRD Bali ini mendapatkan banyak masukan untuk penguatan  peran strategis media dalam mengoptimalkan  fungsi kontrol dewan terhadap pembangunan di daerah.

Hal senada juga disampaikan Kabag Persidangan Sekretariat DPRD Bali,  I Gusti Agung Wikrama. Tujuan kunjungan ini adalah dalam upaya menjaga sinergitas Humas DPRD Provinsi Bali dengan unsur media.

Acara kunjungan diikuti  Sekwan DPRD Bali, , Kabag Persidangan Sekretariat DPRD Provinsi Bali, staf Humas  Sekretariat DPRD Bali, dan 20 media cetak, televisi, dan media online. (Wirati)

 

Paling Populer

To Top