Sosialita

Prestasi Tabanan Menuju Puncak

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti

Bedah rumah dan santunan kepada anak yatim piatu

Pemerintah Kabupaten Tabanan akan memperingati HUT ke–525 yang jatuh pada 29 November, dan direncanakan puncak perayaan akan digelar di Panggung Garuda Wisnu Serasi areal Taman Kota Tabanan. HUT Kota Tabanan tahun 2018 mengusung tema ‘Kluwung Pertiwi’ yang mempunyai makna tanah yang subur dengan penuh keanekaragaman budaya, adat istiadat, dan agama untuk mewujudkan masyarakat Tabanan yang sejahtera.
Selain acara puncak, pelaksanaan HUT Kota Tabanan juga berlangsung di 10 kecamatan selama tiga hari secara bergilir. Seperti Kecamatan Kediri sudah membuka perayaan HUT ke–525 Kota Tabanan pada Sabtu (22/9) dan akan berlangsung hingga Senin (24/9). Lalu akan disusul oleh Kecamatan Selemadeg, Kecamatan Selemadeg Barat, Kecamatan Pupuan, Kecamatan Kerambitan, Kecamatan Selemadeg Timur, Kecamatan Marga, Kecamatan Penebel, Kecamatan Baturiti, dan terakhir di Kecamatan Tabanan. “Setiap kecamatan akan menampilkan seni budaya dan kuliner ciri khas wilayah masing-masing,” katanya.
Khusus di Kecamatan Kerambitan pelaksanaan sampai empat hari karena ada festival. ke–4 berlangsung selama empat hari, 18 s.d. 21 Oktober. Tema yang diangkat dalam festival tahun ini ‘Yowana Masikian’ Harmoni di Tanah Penuh Berkah. Tema ini mengangkat nilai-nilai dan kesadaran akan rasa kebersamaan sebagai kesatuan masyarakat yang utuh. Dengan harapan para Yowana Kerambitan bahu membahu membangun kecamatan Kerambitan dengan segala potensi seni dan budayanya, sehingga dapat tumbuh menjadi destinasi wisata yang berkualitas. Konsep ini digunakan karena festival ke-4 dikendalikan oleh seluruh generasi di Kecamatan Kerambitan yang tentu arahnya adalah kebersamaan. “Generasi tua serta anak-anak se-Kecamatan Kerambitan juga terlibat untuk memeriahkan acara,” jelasnya.
Ia mengatakan, HUT Kota tahun 2018 beda dengan HUT tahun 2017. Tahun lalu pada puncak acara ada pembagian nasi jinggo gratis, namun puncak HUT Kota pada 29 November 2018 mendatang ada acara pembagian kopi gratis sebanyak 5.000 gelas yang disiapkan stan-stan barista di Taman Kota Tabanan. “Termasuk nanti akan ada pameran selama empat hari di Gedung Ketut Maria dan areal Taman Kota Tabanan,” imbuhnya.
Prestasi Tabanan
Berbagai penghargaan telah diraih Pemkab. Tabanan jelang hari ulangtahunnya yang ke 525. Salah satunya, penghargaan nasional di bidang kesehatan. Kali ini penghargaan tersebut diberikan Menteri Kesehatan RI Nila Farid Moeloek atas keberhasilan Tabanan dalam mencapai lebih dari 95 persen cakupan kampanye imunisasi Measles-Rubella (MR) Fase II.
Bahkan Cakupan total kumulatif imunisasi di Tabanan mencapai 100,30 persen. Atas penghargaan ini, Bupati Eka memberikan apresiasinya dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh kader kesehatan. Diharapkan penghargaan ini akan menambah semangat bagi jajarannya untuk terus berprestasi khususnya di bidang kesehatan. “Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras mendukung terlaksananya imunisasi MR di Kabupaten Tabanan, khususnya para kader kesehatan. Semoga dengan penghargaan ini kita akan lebih bersemangat lagi serta mempertahankan apa yang kita dapat sekarang,” ungkap Bupati Eka.
Bupati Eka juga mengingatkan tentang pentingnya hidup sehat, dimana hidup sehat dimulai dari diri sendiri dengan menerapkan pola hidup sehat. “Hidup sehat itu terlahir dari diri sendiri. Terapkan pola hidup sehat mulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan,” ujarnya mengingatkan
Keberhasilan Tabanan ini bukan yang pertama kali, sebelumnya Pemkab Tabanan telah meraih penghargaan Kinerja Program Imunisasi Terbaik se-Indonesia selama 2015-2017 dari Kementerian Kesehatan, dengan capaian target di atas 100 persen. “Kunci keberhasilan ketika masyarakat dan pemimpin harus selalu bekerja sama dan bergotong royong, sehingga kita dapat meraih prestasi positif yang bermanfaat bagi masyarakat Tabanan,” imbuhnya.
Tuan Rumah Kejuaraan Olahraga Internasional
Masyarakat Kabupaten Tabanan patut berbangga karena Tabanan dipercaya dan ditunjuk sebagai penyelenggara Kejuaraan Asia Vovinam atau Asian Vovinam Championship IV yang diikuti 16 negara.
Ajang ini pun menjadi lebih istimewa karena pelaksanaannya berbarengan dengan perayaan HUT Kota Tabanan yang ke-525. Bertempat di GOR Debes Tabanan, kejuaraan ini dibuka Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati yang ditandai dengan membunyikan okokan, Minggu (4/11). Pembunyian okokan tersebut dilakukan bersama Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dan Ketua DPRD Provinsi Bali I Nyoman Adi Wiryatama.
Eka Wiryastuti mengatakan, olahraga menjadi simbol yang mempersatukan segala perbedaan melalui semangat sportivitas, kerja keras, dan kejujuran dalam mendulang prestasi. Menurutnya, tahun ini merupakan tahun olahraga, karena Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games dan Asian Para Games 2018. Kesuksesan menjadi tuan rumah menunjukkan kepada dunia internasional bahwa Indonesia mampu dan aman dengan segala kapasitas untuk menyelenggarakan event serupa. “Kesuksesan-kesuksesan tersebut memberi optimisme yang sama bagi Kabupaten Tabanan sebagai tuan rumah penyelenggara kejuaraan Asian Vovinam Championship. Ditunjuknya Kabupaten Tabanan sebagai tuan rumah kejuaraan internasional ini tentu telah melalui proses pengkajian dan persiapan yang matang. Selain itu didukung kapabilitas infrastruktur penyelenggaraan yang berkualitas,” katanya.
Bupati Eka menambahkan, penyelenggaraan event itu bertujuan menjadikan Pulau Bali dan juga Kabupaten Tabanan sebagai destinasi wisata olahraga. (adv/ast)

To Top