Sekitar Kita

Pelantikan Dekranasda Provinsi Bali

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali memiliki peran penting dan berkontribusi dalam meningkatkan pemberdayaan perekonomian masyarakat. Dekranasda ini merupakan mitra kerja pemerintah yang bertujuan mengembangkan seni dan hasil kerajinan, sesuai dengan kebijakan pemerintah, serta turut mendukung produktivitas dan industri kreatif kerajinan Bali. Demikian disampaikan Gubernur Bali Wayan Koster saat  ‘Pelantikan Pengurus Dekranasda Provinsi Bali Periode 2018-2023  yang berlangsung di Gedung Wiswa Sabha, Kantor Gubernur Bali, Rabu (14/11).

Ia mengatakan, pemerintah provinsi ke depan akan membangun industri pangan dari hulu hingga hilir. Tujuannya mendorong industri pangan sesuai potensi masing-masing daerah. Misalnya, ada daerah yang memiliki potensi buah salak, jeruk, manggis, kakao dan lainnya. Berdasarkan potensi daerah ini, maka segera dikeluarkan Pergub sehingga hotel dan restoran wajib menggunakan produk buah lokal dan kerajinan produk perajin lokal. “Arak yang merupakan home industry masyarakat Karangasem juga dapat digarap menjadi industri berbasis rakyat. Dengan demikian, maka langkah ini menjadi pemberdayaan bagi sumber daya lokal Bali,” ujar Gubernur Koster.

Gubernur Koster mengatakan  akan selektif jika ada pihak luar yang berencana membangun industri di Bali, agar tidak mengancam eksistensi pelaku usaha lokal. “Kami juga akan membangkitkan toko-toko rakyat, yang ditata secara rapi. Begitu pula sektor kerajinan rakyat. Di sinilah Dekranasda berperan, sehingga usaha lokal dan kerajinan yang merupakan nafas ekonomi kerakyatan dapat terus terjaga,” ujarnya.  (Wirati)

 

Paling Populer

To Top