Buleleng

Pemkab Buleleng Gelar Sosialisasi P4GN

BNNK kabupaten Buleleng menggelar sosialisasi P4GN bekerjasama dengan Pemkab Buleleng

Guna mencegah penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif (narkoba) di kalangan aparatur sipil negara (ASN), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Buleleng menggelar sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Sosialisasi yang dipimpin langsung oleh Kepala BNNK Buleleng, AKBP I Gede Astawa, S.H.,M.H. dan Asisten Bidang Administrasi Pemerintahan Setda Buleleng, Made Arya Sukerta, S.H.,M.H. ini diselenggarakan di Ruang Rapat Unit IV Kantor Bupati Buleleng, Selasa (23/10) dan diikuti puluhan ASN lingkup Pemkab Buleleng.

Ditemui usai kegiatan, Gede Astawa menjelaskan keinginan untuk mengadakan sosialisasi ini datang dari prakarsa Pemkab Buleleng sendiri. Keinginan ini juga sejalan dengan apa yang menjadi kewajiban BNNK Buleleng.  Sosialisasi ini juga terkait dengan Instruksi Presiden dimana setiap instansi pemerintah, ASN nya harus diberikan pemahaman tentang narkoba. “Sehingga para ASN tahu apa dampak dari narkoba dan pencegahannya. Sehingga pak Arya Sukerta mengundang kami,” jelasnya.

Pejabat yang baru dilantik pada bulan Maret 2018 itu mengatakan, dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba ada dua hal yang harus dijalankan. Pertama adalah sosialisasi dan yang kedua adalah deteksi dini. Deteksi dini yang dimaksud tes urine bagi seluruh ASN di lingkup Pemkab Buleleng. Pemkab Buleleng sendiri menurutnya sudah merencanakan hal tersebut. “Sosialisasi dan deteksi dini ini menjadi alat yang efektif untuk pencegahan. “Jika sudah dideteksi secara dini, akan kita ambil tindakan rehab. Lebih baik mencegah daripada mengobati,” Ujar Gede Astawa.

Sementara itu, Arya Sukerta mengungkapkan bahwa ada hal-hal yang dilakukan untuk mencegah para ASN di lingkup Pemkab Buleleng terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba. Hal yang pertama dilakukan adalah menyelenggarakan sosialisasi bahwa narkoba itu barang haram. Selanjutnya, akan dibuat komitmen untuk seluruh ASN agar anti narkoba dan memerangi penuh narkoba tersebut. “Sosialisasi ini merupakan langkah awal. Selain itu, komitmen akan perang terhadap narkoba akan dilakukan di seluruh jajaran Pemkab Buleleng,” ungkapnya.

Di samping itu, menurut mantan Kepala Dinas Perhubungan ini, kader anti narkoba juga akan dibentuk di kalangan ASN. Tes urine berkala pada tahun 2019 juga akan dibiayai pelaksanaannya. Dengan segala upaya ini, diharapkan ASN di lingkup Pemkab Buleleng benar-benar bersih dari narkoba. “Dengan segala upaya ini, ASN di Kabupaten Buleleng diharapkan benar-benar bersih dari narkoba,” pungkas Arya Sukerta. (Wiwin Meliana)

Paling Populer

To Top