Buleleng

Karang Taruna Yuwana Kertha Sancaya Konservasi Terumbu Karang

Pulau Gili Putih merupakan salah satu destinasi pantai baru yang terletak di desa Sumberkima Kecamatan Gerokgak. Gundukan pasir putih ditengah laut mirip seperti sebuah pulau namun tak berpenghuni. Keunikan pulau ini, bentuknya selalu berbeda-beda sesuai dengan kondisi pasang surut gelombang laut. Maka itu, luas pulau ini juga sering kali berubah-ubah. Kini pulau Gili Putih ini menjadi salah satu objek wisata baru di Buleleng.

Untuk memperkenalkan objek wisata Gili Putih ini kepada wisatawan baik lokal maupun mancanegara tentu harus dibarengi dengan pengelolaan objek wisata secara maksimal. Hal ini juga mendapat perhatian dari Karang Taruna Yuwana Kertha Sancaya Kecamatan Gerokgak. Dalam rangka memperingati bulan bakti Karang Taruna ke-58 tahun 2018, mereka melaksanakan camp di pantai Gili Putih Sumbekima pada 29 hingga 30 September. Beberapa kegiatan yang dilakukan di antaranya, penanaman pohon kelapa dan clean up sampah plastik guna menjadikan Gili Putih sebagai destinasi yang nyaman dan bersih untuk wisatawan.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Gerokgak Ketut Suryanta Putra mengatakan selain melakukan penanaman pohon dan clean up, juga dilakukan konservasi biota laut yang bekerja sama dengan yayasan Metamorfosa Sumberkima yang memiliki konsistensi dalam menjaga dan melestarikan terumbu karang. “Kegiatan ini kami lakukan untuk menjaga dan mengembangkan potensi yang ada di Gili Putih, dan menurut data dari pengelola terkadang masih ada pengunjung yang masih membuang sampah sembarangan di kawasan Gili Putih,” ungkapnya.

Pihaknya juga memberikan masukan kepada para pemandu pariwisata agar kedepannya bisa memberikan edukasi kepada wisatawan agar turut menjaga kebersihan di objek wisata tersebut. Selain kegiatan eksternal, pihaknya juga melakukan kegiatan internal karang taruna di malam hari. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai penguatan kapasitas terhadap pengurus karang taruna kecamatan Gerokgak. “Semoga apa yang kami lakukan hari ini dapat memberikan sebuah vibrasi yang positif untuk kemajuan pariwisata di Buleleng khususnya desa Sumberkima kecamatan Gerokgak,” ujarnya.

Tamu undangan yang hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Camat Gerokgak, anggota komisi IV DPRD kabupaten Buleleng, perwakilan dari  Kapolsek Gerokgak, Perbekel Sumberkima, dan Kelian Adat Desa Pakraman Sumberkima. (Wiwin Meliana)

Paling Populer

To Top