Buleleng

Fasilitasi Pencari dan Pemberi Kerja, Undiksha Gelar Job Fair

alumni Undiksha nampak antusias mengikuti job fair

Guna menjamin semua lulusan terserap dalam dunia kerja, Universitas Pendidikan Ganesha menjembatani antara para pemberi kerja dan pencari kerja dalam kegiatan Job Fair. Melalui UPT (Unit Pelaksana Teknis) PKKM (Pengembangan Karier dan Kewirausahaan Mahasiswa) job fair digelar dengan melibatkan puluhan perusahaan di Gedung Auditorium Undiksha, Rabu(19/09).

Job fair ini bertujuan untuk mengurangi pengangguran yang disebabkan jumlah pencari kerja yang tidak sebanding dengan daya serap perusahaan. Apalagi ditunjang dengan adanya sistem birokrasi yang panjang dan membutuhkan waktu serta biaya yang cukup besar bagi kedua belah pihak.

Ditemui di sela-sela kegiatan Wakil Rektor I Prof. Dr. Ida Bagus Arnanya, M.Si., mengatakan Undiksha memfasiltasi kegiatan job fair untuk mempertemukan antara lulusan yang belum memiliki pekerjaan dan perusahaan yang membutuhkan pekerjaan. Ia menambahkan sebagai perguruan tinggi, Undiksha tidak hanya bertugas mencetak lulusan yang bersaing di dunia kerja tetapi juga memiliki kewajiban untuk menyalurkan lulusannya kepada perusahaan yang membutuhkan. “Kami yang melahirkan lulusan Undiksha telah membekali mereka dengan ketrampilan hardskill dan softskil, yang mereka tunjukkan dalam bentuk transkrip nilai dan juga sikap atau karakter,” ungkapnya.

Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana Job Fair Undiksha, I Gusti Ayu Purnamawati mengatakan kegiatan ini merupakan kali pertama dilaksanakan oleh UPT PKKM. Ayu menegaskan tujuan dilaksanakannya job fair  sebagai fasilitator untuk pencari kerja agar mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang keahlian serta memperpendek rekrutmen sehingga dapat mempercepat dalam mempertemukan antara perusahaan dengan calon pelamar. “Kami sudah sosialisasikan sebelumnya agar calon pelamar membawa langsung persyaratan sehingga rekrutmen langsung bisa dilakukan ditempat,” jelasnya.  Wiwin Meliana

To Top