Kuliner

Bolu Labu Olahan Labu Madu

Pertanian menjadi salah satu sektor yang sedang dikembangkan di Kabupaten Buleleng. Akan tetapi, pascapanen selalu menjadi persoalan petani dalam pemasaran hasil pertanian. Sehingga, dibutuhkan kreativitas untuk mengolah produk hasil pertanian menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Hal ini juga dilakukan oleh Ketut Arjani dalam mengolah hasil pertanian labu madu yang sejak dua tahun terakhir dikembangkan di desanya. Labu madu yang memiliki tekstur legit dan manis diolah menjadi kue bolu untuk mengatasi persoalan pascapanen. “Biasanya labu yang memiliki bentuk tidak sempurna jika dijual maka nilainya akan anjlok, lebih baik dijemur dan digiling menjadi tepung sebagai bahan dasar membuat beraneka macam kue,” ungkapnya.

Pembuatan kue bolu dari labu madu dengan bolu pada umumnya tetap sama. Diperlukan bahan-bahan tambahan seperti gula, margarin, pengembang, telur dan sedikit tepung. Cara mengolahnya pun tidak begitu sulit. Untuk diolah menjadi bolu, labu tidak perlu diolah menjadi tepung terlebih dahulu. Labu dikupas dan dikukus terlebih dahulu. Pastikan labu yang digunakan merupakan labu yang sudah matang sehingga lebih banyak mengandung air dan rasa manisnya pun cukup tinggi. Setelah dikukus, labu dihaluskan lalu dicampur dengan semua bahan tadi dan dioven.

Rasa kue bolu yang dihasilkan pun sangat gurih dan lembut. Ketut Arjani merupakan salah satu pembuat kue yang sedang memanfaatkan keberadaan labu madu menjadi salah satu kue andalannya. (Wiwin Meliana)

To Top