Bugar

Khasiat di Balik Daun Kelor

Tanaman kelor dalam bahasa tumbuhan disebut dengan moringa oleivera, sangat lazim di Bali dipakai sebagai sayuran.  Tumbuhan  perudu yang  memiliki ketinggian tanaman 7-11 meter sangat cocok dipakai sayuran berkuah. Namun, tahukah Anda daun kelor sangat kaya akan zat gizi. Kini, dauh kelor bisa dijadikan sirup.

Menurut Agung  Gayatri, saah seorang yang ikut membuka stan di PKB,   daun kelor memiliki kandungan vitamin A yang tinggi dibandingkan dengan sayuran atau buah-buhan. Setiap 100 gram daun kelor mengandung 3.390 SI vitamin A. Daun kelor memiliki vitamin A dua kali lebih tiggi dari bayam, 30 kali dari buncis. Selain vitamin A, kelor juga mengandung tinggi kalsium, sekitar 400 mg/100 gram serta fosfor 70 mg/100 g.

Manfaat daun kelor diantaranya, dapat menurunkan kolesterol, tekanan darah tinggi,  mencegah kanker. Mengatasi, rematik, asam urat, arthritis, meningkatkan imunitas, dan merupakan sumber antioksidan tinggi.

“Sirup daun kelor berupa cairan kental yang mengandung ekstra daun kelor, ekstrak kunyit, kencur, jahe, air kalap muda, madu, yang bermanfaat untuk memelihara keseahatan kaya akan nutrisi Bersumber pada taru premana dikombinaskan dengan teknologi biotech sehingga menghasilkan produk berkualitas tinggi menyembuhkan berbagai penyakit dan tanpa efek samping,” ujarnya.   Selain dapat diminum, untuk permasalahan kulit cukup dioleskan di permukaan kulit. ( Wirati Astiti)

Paling Populer

To Top