Bugar

Rudraksha untuk Kesehatan

Belakangan ini aksesoris dari biji rudraksha banyak digunakan. Mulai dari bentuk kalung, gelang, dan anting.  Tidak hanya kalangan orang-orang yang menekuni spiritual, kalangan masyarakat biasa pun tertarik menggunakannya. Namun, tahukah Anda, biji rudraksha sangat bagus untuk kesehatan. Seperti apa?

Menurut mitologinya, Dewa Siwa bertapa hingga berhasil menciptakan pohon rudraksha. Konon, biji rudraksha berasal dari air mata Rudra atau Dewa Siwa. Oleh karena itu, rudraksha dipercaya penuh dengan berkah Dewa Siwa, sehingga bisa mendatangkan berbagai manfaat, seperti kesehatan, kedamaian, kemuliaan, hingga pencapaian kebebasan sejati atau moksa, bagi yang menggunakan serta yakin akan kekuatannya.

Agung Dinar, salah seorang  penekun spiritual sedang membudidayakan pohon rudraksha di Bali. Ia menanamnya di Tabanan.  Menurutnya, pohon rudraksha adalah jenis tanaman  keras sehingga sangat mudah menanamnya. Setiap biji memiliki jumlah garis atau mukhis yang berbeda. Jumlahnya bervariasi mulai dari 1 hingga 30 mukhis yang memiliki perbedaan arti. Makin banyak mukhis makin mahal karena konon energinya juga makin kuat baik untuk kesehatan ataupun hal yang sifatnya mistis seperti untuk keberuntungan, pencerahan spiritual dll.

Awalnya, ia mendapatkan biji pohon rudraksha dari Kebumen, Jawa tengah dimana banyak sekali petani di sana bertanam rudraksha.  Menurutnya, petani Kebumen justru mengekspor rudraksha ke India. Setahun, ia bisa panen dua kali.  Setelah dipetik buah rudraksha dihilangkan isinya yang dipakai hanya bijinya.  Kemudian ia jemur agar kering.  Setelah itu ia rangkai menjadi kalung atau gelang. Untuk menyambungnya ia menggunakan senar raket atau tali benang jahit.

Menurut Agung Dinar, banyak sekali manfaat rudraksha untuk kesehatan. “Biji rudraksha memiliki kekuatan yang luar biasa. Siapapun yang menggunakan biji rudraksha dapat meningkatkan kedamaian pikiran, ketenangan, kesehatan lebih baik, kesuksesan, kemakmuran, dan keberuntungan,” ujarnya saat ditemui Tokoh, di areal stan Pesta Kesenian Bali, Art Centre, Denpasar.

Ia menambahkan, depresi dan kemurungan adalah hal yang dapat ditangkal biji rudraksha dalam waktu singkat. Karena itu, kata dia, biji rudraksha juga dikenal dengan sebutan biji pelenyap kegundahan. “Hanya dengan menggenggam biji rudraksha dengan tangan atau memakainya hanya dalam waktu beberapa  jam, seseorang dapat  merasakan meningkatnya energi vitalitas, relaksasi yang mendalam dan perasaan tenang,” ucap lelaki yang membuka stan  Shreya Rudraksha ini.

Ia menambahkan, kita akan merasa jauh lebih baik dan terasa berbeda ketika biji rudraksha bersentuhan dengan badan kita.  “Manfaat rudraksha bersentuhan dengan kulit, membuat suhu badan menjadi sejuk, meredakan gangguan jantung dan tekanan darah rendah, meningkatkan daya ingat, kejernihan pikiran dan kesadaran, memperbaiki kienrja sistem saraf, membantu mengheningkan pikiran, melepaskan pikiran negatif, dan memperlambat proses penuaan,” kata Agung Dinar.

Air rendaman biji rudraksha juga aman diminum. Biji rudraksha ini direndam ke dalam air  lalu diamkan selama minimal 30 menit lalu diminum atau didiamkan semalaman dan pagi harinya diminum ketika perut kosong.  Ramuan ini bisa dipakai untuk mengobati sakit kepala, sakit panas, sakit perut. (Wirati Astiti)

Paling Populer

To Top