Sudut Pandang

Utamakan Tugas Negara

AKP. Made Sri Utami Dewi

Biasanya liburan akhir tahun ajaran selalu dinanti, sebab jangka waktu liburan yang lebih panjang membuat para penikmatnya lebih leluasa mengatur agenda liburannya. Terlebih saat ini, liburan akhir tahun ajaran bertepatan dengan libur lebaran. Momen ini menjadi sangat pas bagi mereka yang selalu berkutat dengan rutinitas di kantor, sekolah maupun rumah. Di saat yang lain sibuk membuat rencana liburan, rupanya beberapa di antara mereka justru tidak dapat menikmati liburan dengan leluasa. Hal ini lebih dikarenakan tuntutan pekerjaan dan profesionalisme.

Salah satunya AKP. Made Sri Utami Dewi, yang mengaku bahwa tidak bisa menikmati libur lebaran karena sedang mengemban tugas kantor. Perempuan yang saat ini menjabat sebagai Kasubag Humas Polres Buleleng ini mengatakan memasuki libur panjang yang bertepatan dengan Idulfitri dan tahun ajaran baru, dirinya tetap bekerja seperti biasa karena polisi sedang menggelar operasi Ketupat Agung 2018 dan Operasi Mantap Praja dalam rangka Pilkada damai 27 Juni mendatang.

Selain itu, pihaknya juga tetap bertugas guna menciptakan kelancaran dan keamanan bagi masyarakat yang melaksanakan mudik maupun yang menikmati liburan di wilayah Buleleng. “Ini sesuai misi kami sebagai pelayan dan pelindung bagi masyarakat,” jelasnya.

Libur lebaran dan tahun ajaran baru serta dibarengi dengan Pilgub Bali 2018 tentu sangat berpengaruh dengan pekerjaannya sebagai anggota kepolisian. Di sinilah ia harus profesional dengan mengutamakan tugas negara dibandingkan kepentingan pribadi.

Sibuk dengan pekerjaan bukan berarti Sri lupa akan kewajiban sebagai seorang ibu. Perempuan kelahiran 15 Juni 1975 ini mengaku harus pintar menyeimbangkan waktu antara pekerjaan dan keluarga. Seberapa banyak waktu yang tersita karena pekerjaan, dirinya tetap bisa meluangkan waktu untuk kedua anak-anaknya. “Biasanya kami bermain di rumah, kalau ada waktu lebih kami ajak ke taman kota ataupun pantai. Meskipun sebentar tetapi kami sudah berusaha ada untuk anak-anak,” imbuhnya.

Bukan hanya meluangkan waktu untuk anak, rupanya dia juga harus meluangkan waktu untuk sang suami. Sang suami yang bertugas di luar membuatnya harus tinggal berjauhan sehingga komunikasi yang baik harus ia jaga. “Setiap saat saling mengabari setiap hari baik via telepon maupun video call,” imbuh perempuan yang sebelumnya menjabat sebagai Paur 1 Bag Jarlat SPN Singaraja, Polda Bali tersebut.

Jarang menikmati liburan bersama tentu menjadi hal yang istimewa jika dia dan suami bisa mengambil libur secara bersamaan. Momen ini akan digunakan untuk mengajak anak-anaknya pulang ke kampung untuk menengok keluarga dan kerabat. Biasanya Sri pulang kampung ke Gianyar maupun Busungbiu untuk menengok orangtua sekalian berwisata ke objek-objek wisata di sekitar. “Kami lebih suka pulang kampung saat liburan, di samping sebagai kewajiban sebagai anak untuk memberi perhatian kepada orang tua karena hanya pada hari liburlah ada waktu juga bisa sekalian berwisata ke tempat-tempat wisata sekitar,” tuturnya. (Wiwin Meliana)

 

 

To Top